Senin 22 Jan 2018 06:19 WIB

Kemenag Palu Laksanakan Pramanasik Haji

Pramanasik ini direncanakan dimulai 3 Februari 2018 bekrja dengan BPS BPIH.

Sejumlah warga mengikuti kegiatan manasik haji. (ilustrasi).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah warga mengikuti kegiatan manasik haji. (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, PALU -- Kementerina Agama (Kemenag) Kota Palu, Sulawesi Tengah, dalam waktu dekat akan melaksanakan pramanasik haji bagi para calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji pada 2018.

"Pramanasik ini direncanakan dimulai 3 Februari 2018 bekerja sama dengan bank penerima setoran (BPS) dan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH)," kata Kepala Seksi Haji Kantor Kemenag Kota Palu Munim Godal saat di hubungi di Palu, Ahad )21/1).

Munhim mengatakan pramanasik haji ini akan dilaksanakan dua kali setiap bulan. Pembekalan bagi calon jamaah haji ini sangat penting sehingga penyelenggaraannya dilakukan jauh-jauh hari sebelum musim haji agar hasilnya lebih mantap.

Selama ini pelaksanaan manasik haji belum maksimal karena CJH hanya mendapat kesempatan manasik setelah melakukan pelunasan biaya haji. Karena itu Kemenag Palu berinisiatif menggelar pramanasik lebih awal sehingga pembekalan materi bagi CJH ini lebih maksimal, ujarnya.

"Pramanasik haji dialaksanakan seterusnya hingga waktu yang telah ditetapkan sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

Munim menjelaskan bahwa sejauh ini, kuota haji Kota Palu untuk tahun 2018 belum mengalami perubahan yakni 555 CJH. Dia menguraikan bahwa tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pramanasik ini tidak pernah dilaksanakan oleh penyelenggara haji di daerah khususnya di ibu Kota Provinsi Sulteng.

"Kegiatan pramanasik ini sangat dinantikan para calon jamaah haji Kota Palu. Jika ini terlaksana maka baru tahun ini pramanasik haji digelar," kata Munim seraya menambahkan bahwa untuk tempat pramanasik belum ditetapkan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement