Selasa 30 Jan 2018 08:33 WIB

1.300 Perempuan India Bisa Berhaji tanpa Mahram

Sebelumnya, perempuan diatas 45 tahun harus berhaji ditemani wali.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Esthi Maharani
Jamaah asal India / Ilustrasi
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Jamaah asal India / Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,  NEW DELHI -- Presiden India Ram Nath Kovind merilis jumlah perempuan yang diizinkan berhaji tanpa mahram tahun ini. Jumlahnya dialokasikan sekitar 1.300 orang.

"Untuk pertama kalinya sejak kemerdekaan, larangan berhaji tanpa mahram diangkat," kata dia dilansir media Siasat India, Senin (29/1). Sebelumnya, perempuan di atas 45 tahun harus berhaji ditemani wali.

"Tahun ini, lebih dari 1.300 perempuan diizinkan berhaji tanpa mahram," tambah Kovind. Kebijakan tersebut telah tertuang dalam kesepakatan haji 2018 antara India dengan Arab Saudi.

(Baca: Muslim India Sambut Keputusan Hapus Subsidi Haji)

Sehingga kedua pihak bisa mempersiapkan segala hal untuk melancarkan kebijakan baru. Kovind menyampaikan hal ini saat pertemuan Lok Sabha dan Rajya Sabha dalam sesi anggaran.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyinggung soal UU Perlindungan Perempuan dalam Pernikahan yang mengkriminalkan pelaku talak tiga. Ia berharap UU bisa lolos di Parlemen setelah gagal di Rajya Sabha.

Sesi pembahasan anggaran parlemen digelar sejak 29 Januari hingga 6 April dalam dua sesi. Menteri Keuangan akan menyajikan Union Budget 2018 untuk tahun fiskal 2018-2019 pada 1 Februari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement