Jumat 23 Feb 2018 15:20 WIB

Bangladesh Tentukan Biaya Penerbangan Haji 2018

Pemerintah akan menentukan harga terendah paket haji mulai pekan depan.

Rep: Lida Puspaningtyas / Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Jamaah haji Bangladesh akan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk tahun ini
Foto: Arab News
Jamaah haji Bangladesh akan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk tahun ini

IHRAM.CO.ID, DHAKA -- Biaya penerbangan haji untuk Bangladesh dipukul rata tahun ini. Dilansir Daily Star, Kamis (22/2), biayanya yakni 1.575 dolar AS atau 1,3 lakh taka didasarkan pada perkirakan nilai tukar dolar pada musim haji.

Kementerian Pariwisata dan Penerbangan Sipil Bangladesh menyampaikan biaya untuk rute Dhaka-Jeddah dan Madinah-Dhaka juga telah ditentukan. Total dana ini sudah termasuk sejumlah pelayanan dan fasilitas.

Seperti biaya penerbangan, biaya pajak bandara di Saudi sebesar 174 riyal, layanan terminal haji Saudi sebesar 30 ribu riyal, embarkasi Bangladesh sebesar 575 taka, biaya keamanan dari pemerintah Saudi sebesar empat dolar AS dan komisi agen perjalanan sebesar 25 dolar AS.

Menurut pejabat anonim, pemerintah akan menentukan harga terendah paket haji mulai pekan depan. Rumor yang beredar menyebut Sekretaris Asisten Kementerian Abdur Rashid mengatakan kementerian sudah menerima perkiraan dananya kemarin.

Jamaah haji akan menggunakan Biman Bangladesh Airlines dan Saudi Airlines. Keduanya merupakan maskapai penerbangan nasional kedua negara.

Presiden Asosiasi Haji Bangladesh, Habibullah Bahar mengatakan tahun lalu, biaya perjalanan udara jamaah Bangladesh mencapai 1.550 dolar AS. Namun tahun ini biaya sedikit ditekan. Selain itu, paket terendah pada 2017 adalah 3,21 lakh taka.

Tahun ini, diperkirakan ada 127.198 orang yang akan berangkat haji dari Bangladesh. Sebanyak 7.198 orang akan masuk skema haji pemerintah dan sisanya diorganisir oleh swasta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement