Jumat 23 Feb 2018 16:53 WIB

Indonesia-Saudi Bahas Pembenahan Pengurusan Visa

pemerintah Indonesia menghormati dan akan ikut aturan yang digariskan oleh Arab Saudi

Aparat Keamanan Arab Saudi melakukan operasi pelangaran visa di Makkah.enangkapan
Foto: Saudigazette.com
Aparat Keamanan Arab Saudi melakukan operasi pelangaran visa di Makkah.enangkapan

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Duta Besar Arab Saudi HE Osamh Mohammaed Abdullah Al Shuibi membahas sinergi penguatan sistem pelayanan haji dan umrah, Salah satunya adalah terutama soal terkait pembenahanan layanan visa.

"Kemenag dan Arab Saudi memiliki keinganan yang sama untuk memperkuat pelayanan jamaah haji dan umrah ke depan," kata Lukman di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, Dubes Saudi menyampaikan keinginannya agar proses pemvisaan jamaah haji dan umrah bisa berjalan lebih efektif melalui layanan satu pintu. Menag menilai tawaran dari Saudi sangat positif agar pengawasan lebih efektif, efisien dan mudah.

Dia mengaku setuju untuk menyinergikan kerja sama pembenahan kemudahan pengurusan visa. "Teknisnya bisa dikerjasamakan, kami setuju dan sepakat dalam pembenahan pengurusan visa ini," kata dia.

Kemenag, menurut dia, juga secara bertahap mulai menyatukan layanan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dalam satu pintu. Dengan demikian, semua pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih mudah.

"Prinsipnya tentu pemerintah Indonesia tetap menghormati dan akan ikut aturan yang digariskan oleh Arab Saudi," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement