Ahad 22 Apr 2018 18:52 WIB

Tinjau Fasilitas Haji, Menko PMK: Beri Layanan Terbaik

Pemerintah komit beri layanan terbaik

Foto: Menko PMK, Puan Maharani

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meninjau fasilitas jemaah haji Indonesia di Madinah. Kunjungan dilakukan dalam rangka memastikan pelayanan terbaik untuk jamaah haji Indonesia.

 

Menteri Puan mengawali kunjungannya di pemondokan Taiba Arac Suites dan disambut oleh General Manager Mahmoud Khalil. Hotel Taiba Arac Suites memiliki daya tampung mencapai 3.300 jemaah haji.

 "Pemerintah terus melayani umat, calon jamaah haji Indonesia dengan sebaik-baiknya. Saya melihat langsung pemondokan yang disiapkan di Madinah, fasilitasnya sangat bagus dan persis di depan Masjid Nabawi" ujar Puan, di sela kunjungannya, Sabtu (21/4)

 

Dalam kunjungannya, menko perempuan termuda itu didampingi Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek.

 

Puan menyampaikan, seluruh hotel untuk jemaah haji Indonesia di Madinah pada 2018 berada di daerah Markaziah, atau di area dekat Masjid Nabawi. 

 

"Ini bentuk kepedulian pemerintahan Presiden Joko Widodo menyediakan fasilitas pemondokan dekat dengan Masjid Nabawi agar jemaah haji bisa lebih khusyuk beribadah," ungkapnya.

 

Selanjutnya, Menko Puan dan rombongan meninjau Kantor Kesehatan Haji Indonesia untuk memastikan sarana dan prasarana kesehatan jamaah haji Indonesia memadai.

 

Dia lalu meminta untuk musim haji selanjutnya kantor kesehatan disediakan lebih dekat dari pemondokan.

 

"Saya minta fasilitas kesehatan Indonesia siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah haji Indonesia. Siapkan dokter-dokter spesialis dari Indonesia", sebut Menko PMK.

 

Mengakhiri hari pertama peninjauan fasilitas haji 2018, Menko PMK memimpin langsung rapat koordinasi bersama Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kemenko PMK Agus Sartono, Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Aly, Perwakilan Kantor Kesehatan Haji, Staf Teknis Urusan Haji, serta jajaran Ketua Tim Penyediaan Layanan Jemaah Haji Indonesia dan Staf KJRI Jeddah, untuk memastikan kesiapan pemerintah melayani jemaah haji Indonesia. 

 

Salah satu yang menjadi pembahasan penting adalah antrean panjang saat di imigrasi Arab Saudi. Puan tidak ingin jemaah haji Indonesia kelelahan karena lama perjalanan dari Tanah Air dan panjangnya antrean imigrasi.

 

"Harus diupayakan permintaan pelayanan imigrasi khusus ke pemerintah Arab Saudi sehingga calon jamaah haji Indonesia tak kelelahan sebelum menunaikan ibadahnya," tegas Menko PMK.

 

Menko Puan juga meminta Ditjen Haji Kementerian Agama bersama BPKH melakukan kajian kemungkinan pembangunan fasilitas hotel untuk jemaah dari Indonesia.

 

"Dengan jumlah jamaah  haji 221.000 orang per tahun, misalnya bisa dibangun beberapa hotel yang dapat menampung 25.000 jemaah. Diluar musim haji, hotel tersebut bisa ditawarkan kepada penyelenggara umrah," ungkap dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement