Jumat 13 Jul 2018 19:20 WIB

Jamaah Haji Diminta tidak Bawa Banyak Tas

Waktu jamaah terbuang karena mengurus kelebihan bawaan.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Ani Nursalikah
Barang bawaan jamaah haji di Madinah.
Foto: Republika/Harun Husein/ca
Barang bawaan jamaah haji di Madinah.

IHRAM.CO.ID, HYDERABAD -- Jamaah haji diminta tidak membawa terlalu banyak tas demi efisiensi saat perjalanan. Membawa banyak tas hanya akan membuat waktu jamaah banyak terbuang karena mengurus kelebihan barang.

Jamaah diminta hanya membawa barang-barang yang penting dan perlu. Semua perlengkapan diperhitungkan agar tidak melebihi kapasitas yang diperbolehkan. Hal itu untuk keamanan juga kenyamanan jamaah sendiri.

Dilansir di The Hindu, Kamis (12/7), Deputy Chief Minister India, Mohammed Mahmood Ali mendesak jamaah membawa koper dengan sangat terorganisir demi menghindari masalah selama pemeriksaan keamanan. Ia meminta jamaah tidak membawa lebih dari dua tas dengan total berat tidak lebih dari 45 kilogram.

Jamaah dapat membawa tas kecil untuk menampung dokumen penting dan barang yang sering digunakan saat perjalanan. Hindari membawa barang dengan kantong-kantong plastik karena hanya akan menyulitkan pengawasan.

Pemerintah India telah merilis brosur yang berisi tips selama perjalanan dan di Tanah Suci. Apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ada di dalam brosur tersebut.

Mahmood Ali telah menginstruksikan pada pejabat pemerintahan untuk memastikan pengaturan yang lancar dan aman pada keberangkatan jamaah dari embarkasi. Peninjauan ulang dilakukan atas koordinasi dengan sejumlah departemen terkait.

Ali meminta otoritas maskapai memastikan tidak ada keterlambatan penerbangan juga kekurangan pelayanan. Kepala Komite Haji Masiullah Khan meminta agar pelayanan bagi jamaah dilakukan seefisien mungkin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement