Sabtu 14 Jul 2018 16:55 WIB

Kelompok Pertama Jamaah Haji Asal Pakistan Tiba di Madinah

Pemberangkatan jamaah haji Pakistan akan berlangsung hingg 15 Agustus.

Rep: kiki sakinah/ Red: Dwi Murdaningsih
Jamaah haji Pakistan (ilustrasi).
Foto: geotv
Jamaah haji Pakistan (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, KARACHI -- Kelompok pertama jamaah haji asal Pakistan telah tiba di Arab Saudi hari ini, Sabtu (14/7). Maskapai penerbangan Pakistan International Airlines (PIA) yang membawa jamaah dari Karachi dan Islamabad telah mendarat di Bandara Internasional Prince Muhammad di Madinah.

Penerbangan Haji pertama PIA PK-7001 berangkat sekitar pukul 2.25 pagi dari Bandara Internasional Jinnah di Karachi dan mendarat di Madinah sekitar pukul 06.25 pagi waktu Saudi. Pesawat ini membawa 300 jamaah haji. Sementara penerbangan haji kedua maskapai nasional dari Islamabad, yang membawa 327 jamaah, juga telah mendarat di Madinah.

Selain dari Karachi dan Islamabad, penerbangan haji yang berangkat dari Peshawar, Lahore dan Sukkur, juga dijadwalkan terbang ke Saudi hari ini. Dari Multan, penerbangan haji pertama akan berangkat pada 15 Juli dan dari Faisalabad pada 17 Juli.

Seorang juru bicara pada Kementerian Agama dan Kerukunan Antaragama mengatakan, operasi penerbangan di bawah skema Haji pemerintah akan berlanjut dari hari ini hingga 15 Agustus. Sementara operasi untuk kembalinya jamaah akan dimulai dari 28 Agustus mendatang. Ia mengatakan, sebanyak 1.550 jamaah akan berangkat dari kota-kota besar di Pakistan pada hari pertama dan kedua pelaksanaan pemberangkatan.

"Calom jamaah yang berada di bawah skema pemerintah dapat memeriksa jadwal penerbangan mereka di situs resmi kementerian," kata juru bicara itu, dilansir di Geo TV, Sabtu (14/7).

Juru bicara itu menambahkan, jamaah telah diarahkan untuk mencapai kamp pelatihan Haji dua hari sebelum keberangkatan mereka. Sementara itu, ia mengatakan vaksinasi yang diberikan kepada jamaah telah dimulai. Sedangkan paspor, tiket dan loket pengidentifikasi akan disediakan untuk jamaah di kamp Haji masing-masing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement