Ahad 15 Jul 2018 17:00 WIB

PPIH Embarkasi Pondok Gede Siap Sambut Kloter Pertama

Rencananya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan melepas kloter pertama.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ketua PPIH  Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Saiful Mujab meninjau persiapan terakhir Asrama Haji Pondok Gede, Ahad (15/7).
Foto: Republika/Fuji E Permana
Ketua PPIH Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Saiful Mujab meninjau persiapan terakhir Asrama Haji Pondok Gede, Ahad (15/7).

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Calon jamaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama DKI Jakarta akan memasuki Asrama Haji Pondok Gede pada Senin pagi (16/7). Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) debarkasi dan embarkasi Pondok Gede sudah mempersiapkan segalanya untuk menyambut jamaah haji.

"(Pada Senin) jamaah akan masuk melalui pintu parkir, masuk ke Gedung Serba Guna 2, jamaah akan diterima oleh kabid penerimaan (di Asrama Haji Pondok Gede)," kata Ketua PPIH  Embarkasi Jakarta Pondok Gede, Saiful Mujab kepada Republika.co.id, Ahad (15/7).

Saiful menjelaskan, di Gedung Serba Guna 2, jamaah haji akan mendapat penjelasan secara keseluruhan dari kabid penerimaan PPIH. Kesehatan jamaah haji juga akan diperiksa kembali. Selain itu, pada tahun ini jamaah haji akan melakukan foto biometrik dan sidik jari untuk keperluan imigrasi di embarkasi.

Sebelumnya, foto biometrik dan sidik jari dilakukan di Arab Saudi. Tahun ini dilakukan di embarkasi agar pemeriksaan di Arab Saudi tidak memakan banyak waktu. Setelah itu, jamaah haji ke penginapan di Asrama Haji Pondok Gede.

"Enam jam sebelum pemberangkatan (jamaah haji) sudah disiapkan menuju ke Gedung Serba Guna 1, dilakukan pemeriksaan, kemudian persiapan menuju bandara," ujarnya.

Saiful menginformasikan, rencananya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan melepas kloter pertama secara resmi. Pelepasan dilakukan pada Senin (16/7) pukul 20.00 WIB di Gedung Serba Guna 1 Asrama Haji Pondok Gede.

Setelah itu, jamaah haji akan istirahat di penginapan. Kemudian pada Selasa (17/7) pukul 01.00 WIB jamaah akan bersiap berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta. Jamaah haji kloter pertama sebanyak 393 orang dari Jakarta Timur.

"Panitia sudah rapat berkali-kali terkait persiapan masing-masing bidang, bagian bidang penerimaan ada SOP, penerimaan berapa lama, proses pemeriksaan berapa lama, ada bidang pembinaan, akan ada tambahan-tambahan manasik," jelasnya.

Saiful menambahkan, PPIH hari ini telah melaksanakan rapat membahas dan mengingatkan kembali komitmen bersama panitia untuk menjalankan tugas sesuai SOP. Juga melakukan pemeriksaan lapangan, dibahas juga kalau ada hal-hal yang sifatnya insidental harus koordinasi ke mana, serta persiapan menyambut kloter pertama calon jamaah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement