Selasa 17 Jul 2018 04:00 WIB

Calhaj Jalani Pemeriksaan X-Ray Sebelum Diberangkatkan

Barang bawaan calon haji Asrama Haji Pondok Gede diperiksa menggunakan peranti X-Ray.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yudha Manggala P Putra
Para calon haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (17/7) dini hari.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Para calon haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (17/7) dini hari.

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA -- Jelang keberangkatan, sebanyak 393 calon haji (calhaj) menjalani pemeriksaan barang bawaan melalui peranti X-Ray di Gedung Serbaguna, Kompleks Asrama Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Selasa (17/6) dini hari. Sekretaris PPIH Embarkasi Jakarta, Tabrani mengatakan pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan koper dan tas tentengan yang dibawa ke kabin.

"Benda-benda tajam, benda-benda yang mengandung cairan dan hal-hal yang dirasa mengkhawatirkan. Jadi seluruh benda-benda yang sekiranya banyak menyebabkan dalam hal penerbangan itu sudah dilarang," kata Tabrani di Kompleks Asrama Haji, Jakarta, Selasa (17/6).

Sementara itu salah seorang jamaah haji asal Cibubur, Siti Azizah (55 tahun) mengaku puas dengan pelayanan  yang diberikan penyelenggaran haji khususnya dalam proses pemeriksaan barang bawaan. "Saya rasa bagus ya, ya alhamdulilah lancar, nunggu-nya enggak terlalu lama," kata wanita yang sehari-hari berprofesi sebagai ibu rumah tangga tersebut.

Hal serupa juga disampaikan Saman (53 tahun). Ia mengungkapkan proses pemeriksaan berlangsung kurang dari 30 menit. Ia pun memuji pihak penyelenggara haji yang dinilai berjalan dengan cepat dan baik.

"Berjalan baik-baik aja bagus, nggak ada kendala," kata pria yang memutuskan pensiun  dini dari pegawai swasta tersebut.

Ia berharap sekembalinya ke tanah air ia menjadi haji yang mabrur serta diberi kesehatan. "Kita cuma minta dari berangkat sampai pulang keadaan sehat dan selamat semua," katanya.

Untuk diketahui sebanyak 221.000 calon jamaah haji (calhaj) Indonesia reguler dan khusus akan berangkat ke tanah suci pada tahun 2018. Calhaj akan diberangkatkan mulai Selasa (17/7), secara nasional calhaj yang berangkat di hari pertama keberangkatan ada sebanyak 4.486 orang.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (Dirjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag), Nizar Ali mengatakan, calhaj diberangkatkan mulai 17 Juli secara berangsur. Pada 26 September 2018, jamaah haji Indonesia dijadwalkan tiba di Indonesia. Seluruh persiapan dan peningkatan pelayanan penyelenggaraan ibadah haji telah dilakukan.

"Keberangkatan (calhaj) hari pertama secara nasional, jumlah 4.486 jamaah haji," kata Nizar saat berpidato dalam acara pelepasan calhaj Indonesia di Asrama Haji Jakarta Pondok Gede, Senin (16/7) malam.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement