Senin 23 Jul 2018 14:31 WIB

Tiap Hari Ratusan Calhaj Tukar Rupiah di Asrama Haji

Rata-rata menukar rupiah dengan riyal pecahan kecil.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Pegawai PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) tengah melayani jamaah haji Indonesia yang sedang menukar Saudi Arabian Riyal (SAR) di Embarkasi Haji Pondok Gede Jakarta.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pegawai PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) tengah melayani jamaah haji Indonesia yang sedang menukar Saudi Arabian Riyal (SAR) di Embarkasi Haji Pondok Gede Jakarta.

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Setiap hari puluhan sampai ratusan jamaah calon haji (calhaj) menukar uang rupiah dengan Saudi riyal di Gedung Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Sampai hari ini tercatat ratusan juta rupiah telah ditukar dengan Riyal di Gedung C dan B Embarkasi Asrama Haji Pondok Gede.

Petugas money changer di Gedung C Asrama Haji Pondok Gede, Raditya Eka mengatakan, money changer telah bekerja sama dengan Koperasi Asrama Haji untuk melayani calhaj yang membutuhkan mata uang Riyal. Money changer buka sejak 15 Juli sampai akhir keberangkatan jamaah calhaj.

"Setiap hari ada jamaah yang istirahat di Gedung C Asrama Haji. Rata-rata sehari ada sekitar 100 jamaah calon haji yang menukar rupiah dengan riyal," kata Raditya kepada Republika.co.id di Asrama Haji Pondok Gede, Senin (23/7).

Ia menerangkan, tidak semua jamaah calhaj menukar rupiah dengan riyal karena mereka sudah menukar uang di bank sebelum berangkat ke asrama. Mereka juga diberi uang living cost sebesar 1.500 riyal.

Ia menjelaskan, uang living cost diberi dalam pecahan 100 dan 500 riyal sehingga jamaah masih membutuhkan riyal dengan pecahan kecil. Rata-rata jamaah calhaj menukar uang sebesar Rp 2 juta untuk ditukar dengan riyal pecahan kecil.

photo
Jamaah haji Indonesia menunjukkan uang Saudi Arabian Riyal (SAR) di Embarkasi Haji Pondok Gede Jakarta.

"Uang riyal pecahan kecil sebesar 10 Riyal, 5 Riyal dan 1 Riyal berguna untuk kebutuhan sehari-hari jamaah calon haji saat di Arab Saudi," ujarnya.

Raditya mengungkapkan, sejak money changer buka sampai hari ini, sudah ada sekitar Rp 200 juta yang ditukar dengan riyal. Hal serupa terjadi di penukaran uang yang ada di Gedung B Asrama Haji Pondok Gede.

Petugas PT Riyal Surya Amanah di Gedung B Asrama Haji Pondok Gede, Anggia mengatakan, sejak hari pertama dibuka sampai hari ini sudah ada Rp 200 juta uang dari jamaah calhaj yang ditukar dengan riyal.

"Rata-rata ada sekitar 50 jamaah calon haji setiap harinya yang menukar uang," ujarnya.

Ia menerangkan, jamaah calhaj membutuhkan uang riyal pecahan kecil untuk jajan atau belanja di Arab Saudi. Uang riyal pecahan kecil juga kerap digunakan untuk sedekah oleh jamaah calhaj Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement