Selasa 24 Jul 2018 16:15 WIB

Angkasa Pura II Layani 11 Ribu Calon Jamaah Haji

Angkasa Pura II akan menerbangkan calhaj dengan total 170 kloter dari lima embarkasi.

Rep: Novita intan/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas maskapai  Saudi Airlines  melakukan pemeriksaan  calon haji saat  menikmati layanan sistem baru keimigarsian  untuk Saudia Airlines di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang , Banteng, Selasa (17/7) malam. 410 jamaah calon haji pertama embarkasi Jawa Barat  menikmati kemudahan sistem baru keimigrasian yang telah disiapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dan PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Petugas maskapai Saudi Airlines melakukan pemeriksaan calon haji saat menikmati layanan sistem baru keimigarsian untuk Saudia Airlines di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang , Banteng, Selasa (17/7) malam. 410 jamaah calon haji pertama embarkasi Jawa Barat menikmati kemudahan sistem baru keimigrasian yang telah disiapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dan PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

IHRAM.CO.ID, TANGERANG -- Sejumlah bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II mulai melayani penerbangan keberangkatan jamaah haji asal Indonesia menuju Tanah Suci sejak 17 Juli 2018. Adapun bandara-bandara Angkasa Pura II yang menjadi embarkasi haji 2018 adalah Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Bandara Internasional Minangkabau (PDG), Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II (PLM), Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) serta Bandara Internasional Kualanamu (KNO).

“Selama periode 17 hingga 22 Juli, kami telah melayani sebanyak 36 kloter dengan total sebanyak 11.448 calon jamaah haji melalui enam bandara AP II yang menjadi embarkasi haji,” ujar President Director Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (24/7).

Angkasa Pura II akan menerbangkan calon jamaah haji dengan total 170 kloter dari lima embarkasi. Jumlah masing-masing kloter dari Jakarta (CGK) sejumlah 101 kloter, Padang (PDG) sejumlah 16 kloter, Palembang (PLM) akan menerbangkan 19 kloter, Aceh (BTJ) sebanyak 12 kloter, serta embarkasi Medan (KNO). Pada musim haji 2018 ini, terdapat fasilitas baru keimigrasian bagi calon jamaah haji di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dimana pemerintah Arab Saudi melakukan counter pre-clearence imigration untuk verifikasi data dan stempel visa sejak di Bandara Soekarno-Hatta.

Hal tersebut akan mempermudah calon jamaah asal Indonesia yang tidak perlu lagi melakukan immigration clearance ketika masuk Arab Saudi. Verifikasi data dan stempel visa ini ini berlokasi di holding room di area kedatangan Sub Terminal 2 E.

“Kami terus berupaya agar pelaksanaan angkutan haji berjalan lancar. Seluruh fasilitas yang ada di bandara AP II telah disiapkan dalam menyambut penyelenggaraan haji tahun ini. Kami berharap para jamaah dapat melaksanakan ibadahnya dengan lancar, aman, serta nyaman,” kata Awaludiin. Dia menambahkan, calon jamaah haji atau keluarga yang memiliki pertanyaan atau keluhan terkait dengan pelayanan di bandara milik AP II yang menjadi embarkasi serta debarkasi angkutan haji, dapat menyampaikannya melalui contact center 138.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement