Selasa 31 Jul 2018 18:57 WIB

Jamaah Padang Banyak Beli Riyal Pecahan Kecil

Uang bekal perjalanan jamaah haji diberikan dalam pecahan besar.

Petugas merapihkan mata uang Saudi Riyal di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (23/7).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas merapihkan mata uang Saudi Riyal di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (23/7).

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Jamaah calon haji di Embarkasi Padang, Sumatra Barat, banyak yang membeli uang riyal Arab Saudi meskipun sudah mendapatkan 1.500 riyal untuk bekal perjalanan ibadah di Tanah Suci. Petugas gerai BRI Syariah di Asrama Tabing Padang Luciana, Selasa (31/7), mengatakan rata-rata transaksi per hari mencapai Rp 20 juta hingga Rp 30 juta dengan nilai tukar satu riyal Saudi setara Rp 3.900.

Ia mengatakan, uang pecahan yang paling banyak dibeli jamaah adalah satu dan lima riyal untuk berinfak dan belanja barang kebutuhan sehari-hari. Biasanya jamaah menukarkan setelah menjalani pemeriksaan kesehatan hingga malam.

Menurut dia, jamaah banyak yang menukarkan rupiah sebab uang saku dalam mata uang riyal diperoleh dalam pecahan-pecahan besar, yaitu 500 riyal. Ia menyampaikan, BRI Syariah menyediakan paket penukaran Rp 1 juta.

Salah seorang jamaah, Harun, mengatakan, menukarkan uang karena tidak memiliki persediaan uang riyal pecahan kecil. Di asrama itu, penukaran mata uang rupiah ke riyal juga dilayani gerai Bank Syariah Mandiri.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement