Kamis 02 Aug 2018 11:33 WIB

Separuh Jamaah Indonesia Tiba di Tanah Suci

Sebanyak 2,5 juta orang akan datang ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Petugas maskapai menyerahkan daftar manifes penumpang pesawat perdana yang mengantarkan jamaah haji ke Tanah Suci di Bandara AMA, Madinah.
Foto: Republika/Fitriyan Zamzami
Petugas maskapai menyerahkan daftar manifes penumpang pesawat perdana yang mengantarkan jamaah haji ke Tanah Suci di Bandara AMA, Madinah.

IHRAM.CO.ID, Oleh: Fitriyan Zamzami dari Jeddah, Arab Saudi

JEDDAH -- Hingga awal kedatangan gelombang kedua pada Rabu (1/8) siang, nyaris separuh jamaah Indonesia telah tiba di Tanah Suci melalui bandara di Madinah dan Jeddah. Dengan petugas yang mengawal dari daerah, angkanya sudah mencapai 106.106 orang. Mereka tiba dalam 260 kloter dari 508 yang dijadwalkan berangkat dari Tanah Air.

Jika di luar para petugas, jumlah jamaah Indonesia yang telah tiba sebanyak 104.806 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 15.153 jamaah tiba pada gelombang kedua hingga Rabu (1/8) melalui 42 kloter.

“Alhamdulillah, sejauh ini kedatangan lancar. Pendorongan jamaah dari bandara juga lebih cepat,” kata Kepala Daker Bandara, Arsyad Hidayat, Rabu (1/8) malam waktu setempat.

 

Baca juga: Melepas Kerinduan Batin

Sementara itu, belasan kloter lainnya dijadwalkan tiba pada Kamis (2/8). Dengan jumlah penumpang masing-masing kloter yang maksimal mencapai 450 orang, jumlah jamaah Indonesia yang tiba hingga akhir hari ini diperkirakan akan melampaui separuh kuota.

Setengah juta jamaah haji internasional telah tiba di Tanah Suci hingga Rabu (1/8). Dilansir di Al Arabiya, jumlah kedatangan sejak 14 Juli telah mencapai 567.459 orang. Sebagian besar didominasi jamaah asal Indonesia.

Direktorat Jenderal Paspor Arab Saudi mengatakan, dalam laporan, jumlah jamaah yang datang melalui udara mencapai 558.505 orang, melalui darat sebanyak 4.696 orang, dan melalui laut sebanyak 4.258 jamaah. Menurut data pemerintah, jumlah kedatangan tersebut meningkat sekitar tujuh persen dari periode yang sama pada tahun lalu. Diperkirakan 2,5 juta orang akan datang ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement