Katering Pemulangan Jamaah Dinilai Lebih Lancar

Selasa , 28 Aug 2018, 12:43 WIB Redaktur : Andi Nur Aminah
Katering jamaah haji
Katering jamaah haji

Laporan Wartawan Republika.co.id, Fitriyan Zamzami dari Jeddah, Arab Saudi.

 

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Jamaah Indonesia yang akan menempuh perjalanan pulang ke Tanah Air dari Bandara King Abdulaziz Jeddah tetap mendapat paket konsumsi sebelum berangkat. Sehubungan waktu tunggu yang lebih leluasa, pembagian paket konsumsi tersebut diharapkan lebih lancar.

Terkait

Dalam proses pemulangan, jamaah yang tiba menggunakan bus-bus dari Makkah biasanya akan ditempatkan di plaza-plaza Bandara Jeddah untuk diistirahatkan. Rentang waktu tunggu menuju masuk ke gerbang keberangkatan yang memakan waktu satu hingga dua jam itulah yang dimanfaatkan untuk membagi paket konsumsi bagi jamaah.

“Distribusinya saat jamaah kumpul di plaza dan masa tunggunya lebih lama jadi tidak terlalu terburu-buru saat pembagian konsumsinya,” kata Kepala Seksi Katering Daker Bandara PPIH Arab Saudi, Sukaidi, di Jeddah, Selasa (28/8). Hal ini berbeda dengan proses kedatangan yang lebih lekas sehingga katering harus dibagikan selekasnya begitu jamaah naik bus menuju Makkah.

Baca: Menag: Katering Gelombang Kedua Siap

Menurut Sukaidi, jumlah paket katering yang disiapkan per harinya tak berbeda dengan pada gelombang kedatangan di Bandara Jeddah, yaitu sekitar 7.000 boks per hari. Masing-masing jamaah akan mendapat paket ayam goreng, nasi, sayuran, air mineral, buah, dan puding. Dua perusahaan yang menyediakan konsumsi selama kedatangan di Bandara Jeddah juga masih dipercaya melayani jamaah saat kepulangan. “Pemulangan jauh lebih aman, insya Allah,” kata dia.

Selain waktu tunggu yang lebih leluasa, yang memudahkan pembagian konsumsi pada kepulangan adalah pengelompokan rombongan yang lebih teratur ketimbang saat kedatangan. “Sekarang tinggal kita panggil ketua rombongannya dan kita bagikan,” kata Sukaidi. Masing-masing rombongan sudah dipastikan jumlahnya sebanyak sepuluh orang sehingga prakiraan kebutuhan jamaah bisa lebih presisi.

Para jamaah yang ditemui di Bandara Jeddah sejauh ini belum mengeluhkan paket konsumsi yang disediakan PPIH Arab Saudi. Beberapa jamaah bahkan nampak terkejut saat paham bahwa mereka masih mendapatkan paket konsumsi di bandara menjelang kepulangan. “Alhamdulillah, enak makannya. Masih hangat,” kata salah seorang jamaah dari Tegal yang pulang melalui Kloter 01 Embarkasi Solo, Senin (27/8).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini