Kemenag DIY Gelar Seleksi Petugas Haji

Senin , 25 Feb 2019, 14:49 WIB Reporter :Wahyu Suryana/ Redaktur : Andi Nur Aminah
 Petugas menjelaskan peraturan kepada Calon Jamaah Haji (ilustrasi)
Petugas menjelaskan peraturan kepada Calon Jamaah Haji (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, YOGYAKARTA -- Panitia Seleksi Petugas Haji 1440 Hijriah/2019 Mashehi Kakanwil Kemenag DIY memulai tes seleksi petugas haji secara serentak. Seleksi digelar untuk Kantor Kemenag kabupaten/kota se-DIY.

 

Terdapat tiga formasi petugas yang diseleksi. Mulai Tim Pemandu Haji Indonesia (TPIH), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag DIY, Sigit Warsito mengatakan, seleksi kali ini diikuti total 106 peserta. Sebanyak 24 dari Yogyakarta, 29 dari Bantul, lima dari Kulonprogo, 13 dari Gunungkidul dan 15 dari Sleman.

Terkait

Ia menuturkan, Kantor Kemenag kabupaten/kota akan memilih peserta terbaik sejumlah dua kali lipat dari kuota yang ditetapkan untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi. "Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Februari di Kankemenag setempat," kata Sigit, Senin (25/2).

Baca Juga

Selanjutnya, peserta yang lolos seleksi tingkat kabupaten/kota akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. Seleksi tingkat DIY akan dilaksanakan pada 5 Maret 2019 di Asrama Haji Transit Yogyakarta.

Seleksi yang akan dilakukan berupa tes kompetensi berbasis CAT dan wawancara atau praktek. Sigit mengungkapkan, hasil seleksi tingkat Kantor Wilayah akan diumumkan pada 8 Maret 2019.

Kepala Kantor Kemenag Kulonprogo, Nurudin, turut memantau pelaksanaan seleksi tersebut. Ia mendoakan, peserta-peserta yang mengikuti tes dapat menyelesaikan soal dengan baik. "Berharap yang kelak lolos jadi petugas dapat menjalankan amanah dengan sebaiknya," ujar Nurudin.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini