Kamis 07 Mar 2019 17:04 WIB

Mandiri Syariah Siapkan Layanan Digital Pelunasan Biaya Haji

Diperkirakan periode pelunasan mulai pertengahan Maret 2019.

Rep: retno wulandhari/ Red: Dwi Murdaningsih
 Seorang pendamping calon haji melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap III
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Seorang pendamping calon haji melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap III

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- PT. Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah)  menyiapkan platform saluran digital dalam rangka pelunasan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) tahun 2019. Diperkirakan periode pelunasan mulai pertengahan Maret 2019.

SEVP Mandiri Syariah Anton Sukarna menyampaikan platform yang telah disediakan adalah Mandiri Syariah Mobile Banking dan Mandiri Syariah Netbanking. "Platform tersebut akan memudahkan nasabah melakukan pelunasan disamping layanan pelunasan melalui Kantor Cabang yang sudah ada sebelumnya," kata Anton Sukarna melalui keterangam resmi yang diterima Republika.co.id.

Baca Juga

Dengan fasilitas e-channel, menurut Anton Sukarna, nasabah lebih mudah, nyaman dan fleksibel karena tidak perlu datang ke kantor cabang dan mengantri di teller untuk melakukan pelunasan. Selanjutnya, dalam waktu tiga hari setelah pelunasan, nasabah harus menyerahkan bukti pelunasan ke Kemenag dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

Persyaratan yang harus dibawa nasabah ke Kantor Kemenag diantaranya resi pelunasan Bank dan 10 lembar pas foto 4×6 background putih, 80 persen wajah. Anton Sukarna mengungkapkan total jamaah haji yang terdaftar melalui Mandiri Syariah dan berhak lunas untuk berangkat tahun ini sekitar 79 ribu.

Jumlah tersebut merupakan 31 persen dari total jamaah haji Indonesia tahun 2019 yang berjumlah 220 ribu. Dari sekitar 79 ribu yang berhak lunas tahun ini, Manajemen memperkirakan pelunasan melalui e-channel akan mencapai sekitar 13 persen.

Fasilitas e-channel juga akan memudahkan nasabah yang tinggal di daerah yang letaknya jauh dari outlet Mandiri Syariah. Selain melalui fasilitas e-channel, nasabah yang berada di luar jangkauan kantor cabang juga bisa melakukan pelunasan di Layanan Syariah Bank di outlet Bank Mandiri.

Mandiri Syariah juga sudah menyiapkan suvenir bagi calon jamaah haji yang saat ini telah didistribusikan di kantor-kantor cabang Mandiri Syariah. Per Desember 2018, rekening Tabungan Mabrur Mandiri Syariah mencapai 1,8 juta. Sekitar 72 persen atau 1,3 juta dari nasabah tersebut sudah terdaftar dalam Siskohat Kementerian Agama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement