Selasa 19 Mar 2019 11:23 WIB

Pakistan Perkenalkan 5 Aplikasi Ibadah Haji

Aplikasi itu dinilai penting bagi jamaah haji Pakistan

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hasanul Rizqa
Bendera Pakistan
Foto: www.tiptoptens.com
Bendera Pakistan

IHRAM.CO.ID, MULTAN -- Pakistan memperkenalkan lima aplikasi telepon pintar untuk informasi maksimal penyelenggaraan ibadah haji 2019. Kelima aplikasi itu adalah Hajj Mua'wan, Rehnumai-e-Hajj, Mina Locator, Pak Hajj Guide, dan Hajj Complaints. Seperti dilansir Business Recorder, Selasa (19/3), kepala bagian media di Kementerian Agama Pakistan Imran Siddique menginformasikan hal itu dalam lokakarya dengan awak media.

Siddique mengatakan calon jamaah haji (calhaj) bisa mendapat berbagai informasi terkait haji melalui berbagai aplikasi itu. Aplikasi itu diakuinya sangat penting karena memuat film dokumenter tentang proses ibadah haji. Dia menyebut aplikasi-aplikasi itu sebagai panduan lengkap untuk memfasilitasi calhaj yang akan datang dan selama berada di Tanah Suci.

Baca Juga

Siddique mencontohkan, aplikasi Mina Locator memfasilitasi calhaj jika tersesat dari kamp atau tempat terkait lainnya. Selain itu, ada nomor pesan instan WhatsApp dengan pihak kementerian untuk jamaah. Dia menjamin pertanyaan dan permintaan setiap calhaj akan ditanggapi oleh operator. Siddique meminta media massa turut memainkan peran dalam menciptakan kesadaran calhaj agar selalu berhubungan dengan kementerian.

Ketua Majelis Nasional Penggerak, Malik Aamir Dogar mengatakan pemerintah berupaya meningkatkan pemberian berbagai layanan. Dia mengapresiasi kinerja kementerian agama. Dia juga meminta media massa memproyeksikan perkembangan persiapan ibadah haji 2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement