Rabu 17 Apr 2019 07:23 WIB

BMT Ash Shiddiq Buka Tabungan Umrah Amanah

BMT Ash Shidiq untuk membantu calon jamaah umrah untuk hindari riba

Rep: Ali Yusuf/ Red: Hasanul Rizqa
Ilustrasi Umrah
Foto: Foto : MgRol101
Ilustrasi Umrah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- BMT Ash Shiddiq menjalin kerja sama dengan Al Fath Sunnah Amanah terkait pembiyaan perjalanan umrah. Kolaborasi ini dilakukan untuk membantu para calon jamaah dalam menghindari riba untuk pembiayaan umrah.

Pendiri BMT Ash Shiddiq Arya Setya Nagara mengatakan salah satu bentuk kerjasama BMT Ash Shiddiq dangan Al Fath Sunnah ini dibuatkanhya tabungan umrah. Dan pada prakterknya tabungan umrah itu dibagi dalam dua platform.

Baca Juga

"Tabungan Umrah Amanah I dan Tabung Umrah Amanah II," kata Arya saat berbincang dengan Ihram.co.id setelah Daurah Umrah dan Haji Maksimal 2019, awal pekan ini.

Dia menjelaskan, antara Tabungan Umrah Amanah I dan Tabungan Umrah II itu berbeda. Kalau Tabungan Umrah Amanah I itu makskmal anggota harus menabung sampai 24 juta selama dua tahun.

 

"Jadi jamaah yang menabung itu bahwa mereka sudah menjadi bagian berangkat umrah di tahun kedua," katanya.

Sementara, Tabungan Umrah Amanah II itu anggota diwajibkan membayar tabungan sebesar Rp750 ribu selama jangka waktu 2 tahun juga sama dengan Tabungan Umroh Amanah I.

Arya mengatakan, untuk mengetahui berapa jumlah uang yang disetor ke Tabungan Umrah besutan BMT Ash Shiddiq ini, tim IT BMT telah membuatkan anggotanya sebuah account.  Nantinya akun ini bisa digunakan oleh anggota keluarganya yang telah didaftarkan dalam sistem.

"Kami bisa membuat satu akun yang sudah bergabung menjadi anggota BMT bisa mendaftarkan anggota keluarganya, jadi tidak hanya satu tapi bisa banyak," katanya.

Arya mencontohkan, misalnya ada satu anggota keluarga yang menabung atau mengambil platform Tabungan Umroh Amanah I atau Umrah Aman II itu bisa mendaftarkan, orangtuanya, suami untuk istrinya dalam satu tabung.

"Jadi tidak perlu misalnya ada saudara saya harus membuka akun baru atau membuka tabungan baru," katanya.

Meski akun itu digunakan bersama-sama, tapi nama rekening di Tabungan Umroh besutan BMT ini tetap satu. Sehingga accountnya tida bisa ditulis banyak nama. Akan tetapi mama account BMT bisa disesuaikan permintaan anggota.

"Kemudian insya Allah kami aktivasi cepat butuh waktu lima menit sudah bisa aktivasi karena aktivasi kami sudah terkonek dengan sistem perbankan jadi sudah langsung bisa dicek," katanya.

Arya mengatakan, BMT Ash Siddiq ini merupakan pendatang baru di dunia koprasi  yang berbadan hukum koprasi syariah dan perbangkan syariah. BMT ini baru berjalan 1 tahun dan telah menyelesaikan laporan keuangan bulan Maret.

"Alhamdulillah baru selesai laporan keuagan bulan kemarin," katanya.Ary mengatakan, fokus BMT As Shiddiq adalah membumikan transaksi keuangan yang sesuai tuntunan syariah. Maka jika transaski ada unsur subhat, riba bahkan haram tidak dimainkan BMT As Shiddiq.

"Kita berusaha untuk mengembalikan ekonomi sesuai syariat. Insya Allah mohon doanya," katnya.

Arya menuturkan, sistem kerja BMT 100 persen melalui online. Meski demikian BMT juga punya kantor di Jl Kalibata Raya 01 Kalibata City Square, Qioz SS1505, Jakarta Selatan. Arya menambahkan saat ini jumlah anggota BMT Ash Shiddiq sudah ada 169 anggota dan belum memiki aset karena baru satu tahun berjalan.

"Dengan rate perhari diwebsit kami 20 sampai 50 visit," katanya.

Arya memastikan dalam sistem pembiayaan, BMT berbeda dengan lembaga-lembaga jasa keuangan lainnya dam BMT fokus mengajak masyarakat untuk menjadi anggota di BMT Asg Shiddiq. Arya mengatakan BMT Ash Shidiq ini dibuat atas dasar kayakininnya banyak orang orang yang beralih pada sistem perbankan sesuai syariah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement