Rabu 15 May 2019 10:36 WIB

Gelang Berteknologi GPS untuk Jamaah Umrah

Pemerintah Arab Saudi menyediakan gelang khusus berteknologi GPS untuk jamaah umrah

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hasanul Rizqa
Jamaah umrah memadati Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.
Foto: AP
Jamaah umrah memadati Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH — Komite Nasional Haji dan Umrah Arab Saudi memperkenalkan gelang khusus untuk jamaah di Masjid al-Haram. Gelang itu dilengkapi dengan teknologi global positioning system (GPS) serta berisi data pribadi masing-masing jamaah dan akomodasi mereka.

Seperti dilansir Saudi Gazette, Rabu (15/5), gelang khusus itu di bertujuan membimbing tiap jamaah yang memakainya selama perjalanan umrah. CEO komite nasional tersebut, Syekh Mohammed Bin Badi mengatakan, gelang khusus itu diberikan pada saat jamaah tiba di bandara Arab Saudi.

Baca Juga

Badi menjelaskan, alat itu berisi data jamaah dan akan merekan pergerakan mereka. Selain itu, adanya GPS bermanfaat menuntun mereka dari dan menuju akomodasi, rumah sakit, pusat kesehatan, dan berbagai fasilitas penting lainnya selama di Makkah dan Madinah. Dia meneruskan, jamaah juga dapat langsung menghubungi dengan nomor pelayanan umum setempat yang tercantum di alat tersebut bila sewaktu-waktu terjadi hal darurat.

Syekh Mohammed Bin Badi mengungkapkan, pihaknya bekerja sama dengan suatu perusahaan teknologi asal Cina untuk mengadakan gelang bagi jamaah tersebut.

Sejauh ini, lanjut dia, pihaknya masih berupaya mencari solusi untuk mengatasi persoalan bagasi jamaah. Salah satu opsinya, mengontrak perusahaan jasa transportasi untuk mengambil bagasi dari titik kedatangan ke tempat penginapan jamaah.

Selain itu, pihaknya juga sedang mempertimbangkan mendirikan perusahaan layanan umrah kepemilikan saham. Ini bertujuan meningkatkan layanan bagi para jamaah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement