Calon Haji Diminta Jaga Makanan, Ibadah, dan Rutin Olahraga

Selasa , 25 Jun 2019, 12:36 WIB Reporter :S Bowo Pribadi/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah Calon Haji (JCH) mengikuti pembekalan manasik haji.
Jamaah Calon Haji (JCH) mengikuti pembekalan manasik haji.

IHRAM.CO.ID, UNGARAN -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang memastikan 617 calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang telah melaksanakan manasik haji. Jamaah akan berangkat menuju Asrama Haji Donohudan pada 31 Juli 2019. Para calon tamu Allah tersebut diimbau mempersiapkan diri baik fisik maupun mental sebaik- baiknya.

 

Terkait

“Sehingga para calon haji asal Kabupaten Semarang dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar dan sempurna,” kata Kepala kantor Kemenag Kabupaten Semarang, Muhdi, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Selasa (25/6).

Baca Juga

Muhdi juga mengungkapkan, ke-617 calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang tersebut berasal dari 19 kecamatan dan masing- masing terdiri atas 290 orang laki- laki serta 327 orang perempuan. Sesuai dengan jadwal, calon jamaah haji dari Kabupaten Semarang pada musim haji tahun 2019 ini, akan terbagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter), masing- masing kloter 81, 82 serta  kloter 83.

Jamaah haji asal Kabupaten Semarang yang tergabung dalam kloter 81 akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali pada 31 Juli nanti. “Berdasarkan jadwal keberangkatan menuju tanah suci, calon jamaah haji asal Kabupaten Semarang akan bergabung dengan calon jamaah haji asal Kota Salatiga dan Kabupaten Grobogan,” kata Muhdi.

Ia juga menyampaikan, setelah mengikuti manasik haji tingkat kabupaten, para jamaah haji ini segera mengikuti manasik haji tinggkat kecamatan. Ia berharap para calon jamaah haji bisa mengikutinya dengan baik sebagai bekal untuk melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Di sisi lain, Kantor Kemenag Kabupaten Semarang juga mengingatkan kepada seluruh calon haji Kabupaten Semarang untuk mempersiapkan fisik dan mental dan senantiasa menjaga kondisi kesehatannya dengan baik. Hal ini disampaikan kepada calon jamaah haji agar dapat menghindari hal- hal yang tidak diinginkan, seperti calon jamaah haji jatuh sakit justru pada saat waktu keberangkatan sudah semakin dekat.

Kesiapan fisik dan mental ini menjadi salah satu faktor yang akan menentukan bagi jamaah untuk mengikuti seluruh rangkain kegiatan, selama mereka melaksanakan ibadah ibadah haji di tanah suci. Ia juga mengimbau agar calon jamaah haji menjaga pola makan, tetap rutin olahraga serta yang tidak kalah penting adalah menjaga ibadahnya.

“Dengan begitu para calon haji ini memiliki bekal yang cukup agar hajinya sempurna,” kata Muhdi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini