Antrean Panjang Haji, Calhaj Diminta Maksimalkan Ibadah

Senin , 01 Jul 2019, 13:28 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Friska Yolanda
Ibadah haji di Makkah (ilustrasi)
Ibadah haji di Makkah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatra Barat Hendri mengingatkan para calon jamaah haji agar saat pelaksanaan ibadah haji nanti dapat beribadah dengan maksimal. Hendri menyebut agar bisa berangkat naik haji, jamaah sudah mengantre panjang sampai belasan tahun. Ia tidak ingin penantian panjang ini tidak dilampiaskan dengan memperbanyak ibadah sebagai tamu Allah di Tanah Suci Makkah. 

 

"Mari maksimalkan ibadah selama berada di Tanah Suci Makkah, meraih haji yang mabrur. Manfaatkan kesempatan langka ini dengan ibadah yang banyak setelah menanti 10 tahun lebih," kata Hendri kepada Republika.co.id, Senin (1/7).

Terkait

Hendri menjelaskan selama berada di Tanah Suci, ada banyak sekali ibadah yang bisa ditunaikan jamaah selain dari ibadah wajib. Misalnya dengan memperbanyak shalat sunah, zikir dan lain-lain. 

Hendri juga mengingatkan jamaah calon haji supaya tidak tergiur melakukan hal-hal yang kurang berfaedah selama di Mekkah. Aktivitas itu seperti berswafoto berlebihan, berbelanja berlebihan dan aktivitas yang kurang disarankan lainnya. 

Sebab, kata Hendri, pemerintah Saudi sendiri sudah membatasi berswafoto di depan Ka'bah dan Masjidil Haram. 

Agar mencegah hal ini, menurut Hendri para jamaah calon haji mengingat lagi akan lamanya penantian giliran berhaji. Begitu juga dengan mengingat betapa masih banyaknya umat yang punya niat tulus berhaji tapi belum kesampaian karena harus antri panjang sampai puluhan tahun.

"Tidak perlu shopping (belanja) berlebihan. Terlalu jauh kalau ke sana hanya untuk berbelanja," ujar Hendri.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini