Kamis 04 Jul 2019 22:55 WIB

Pemkab Karawang Siapkan Tas Khusus Bagi Calon Jamaah Haji

Tas punggung ini akan menjadi ciri khas jamaah asal kota Karawang.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah
Tas punggung khusus jamaah haji asal Kabupaten Karawang.
Foto: Dok: Bagian Kesra Karawang
Tas punggung khusus jamaah haji asal Kabupaten Karawang.

IHRAM.CO.ID, KARAWANG -- Pemkab Karawang, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar untuk kegiatan ibadah haji 2019. Anggaran tersebut, diperuntukan bagi berbagai kegiatan. Salah satunya, tas punggung yang dipersiapkan khusus bagi jamaah haji. Bahkan, tas punggung ini akan menjadi ciri khas jamaah asal kota pangkal perjuangan tersebut.

Kasubag Bina Keagamaan Bagian Kesra Pemkab Karawang Mohamad Zaelani atau akrab disapa Nzel, mengatakan, setiap tahunnya pemkab selalu berkontribusi atas kegiatan ibadah haji. Termasuk tahun ini, pemkab ingin pelaksanaan haji ini berjalan aman dan lancar. Karenanya, ada anggaran yang khusus diperuntukan bagi calon haji tersebut.

Baca Juga

"Anggaran itu, meliputi keperluan biaya pemberangkatan dan pemulangan jamaah calon haji. Termasuk, biaya untum sewa bus," ujar Nzel, kepada Republika.co.id, Kamis (4/7).

Dengan adanya anggaran, lanjutnya, dari APBD Karawang itu, pihaknya ingin penyelenggara haji yaitu Kantor Kementerian Agama setempat, supaya tidak memungut biaya kepada jamaah. Mengingat, semua fasilitas dan keperluan pemberangkatan dan pemulangan jamaah calon haji sudah ditanggung oleh pemkab.

Anggaran sebesar Rp 1,4 miliar itu, di antaranya diperuntukan bagi pengamanan petugas ke embarkasi. Acara seremonial, untuk makan dan minum calon haji selama berangkat dan pulangnya. Untuk sewa bus, porter saat di bandara. Termasuk, biaya untuk tas gendong khusus calhaj asal Karawang.

Mengenai tas khusus ini, Nzel menyebutkan, barang itu dinilai lebih bermanfaat bagi jamaah haji saat di Tanah Suci. Tahun lalu, jamaah haji asal Karawang dibekali syal sebagai penanda. Namun, setelah dievaluasi, syal tidak terlalu bermanfaat ketika berada di Tanah Suci.

"Kalau tas punggung, banyak manfaatnya. Bisa untuk menyimpan barang-barang berharga, botol minuman dan lainnya," ujar Nzel.

Karena itu, pada tahun ini 2.194 calon jamaah haji asal Karawang, akan dilengkapi dengan tas punggung. Tas ini, sebagai tanda (ciri) bagi jamaah saat melaksanakan ibadah haji. Supaya, satu sama lain bisa saling mengenali. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement