Calhaj Hanya Diizinkan Bawa Rokok 2 Slof

Sabtu , 06 Jul 2019, 16:44 WIB Reporter :Febryan A/ Redaktur : Agung Sasongko
Haji
Haji

IHRAM.CO.ID, BEKASI -- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat mengizinkan Jamaah Calon Haji pada ibadah haji 1440 hijriah untuk membawa rokok ke Tanah Suci. Namun, jumlahnya dibatasi hanya dua slof atau 20 bungkus rokok.

 

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Azam Mustazam, mengatakan, jamaah yang isi kopernya membawa rokok lebih dari dua slof, maka akan kelebihan slofnya akan dikeluarkan oleh petugas.

Terkait

"Ya boleh (bawa rokok), tapi tidak boleh lebih. Termasuk rice cooker juga tidak boleh dibawa," kata Azam, Sabtu (6/7).

Azam menuturkan, jika ada jamaah yang membawa barang di luar ketentuan, maka akan diketahui langsung oleh petugas ketika dilakukan pengecekan dengan mesin X-Ray di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi, Jalan Kemakmuran, Kelurahan Margajaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

"Koper kan datang dulu baru jamaah. Kalau ada yang nakal kopernya ditahan dulu nunggu jamaahnya," ujar Azam.

Berdasarkan pantauan Republika di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi pukul 11.00 WIB, tampak koper jamaah sudah tiba dan ditumpuk di salah saru ruangan. Tampak juga disana satu unit mesin X-Ray. Sedangkan Jamaah Calon Haji sendiri juga sudah mulai berdatangan sejak pukul 11.30 WIB.

Kedatangan pertama pada hari ini adalah kloter 1 asal Kabupaten Bogor. Lalu disusul kloter 2 asal Kabupaten Cianjur dan Kloter 3 asal Kabupaten Bandung yang tiba sekitar pukul 15.00 WIB. Sedangkan kloter 4 asal Kota Bekasi akan masuk ke Asrama Haji pukul 17.00 WIB.

Semua jamaah calon haji dari ketiga kloter itu kini dikumpulkan di aula utama untuk melakukan sejumlah proses registrasi. Seperti pembagian gelang identitas, alat kesehatan, pasport dan uang saku.

Keempat kloter pertama itu akan diberangkatkan besok, Ahad (7/7) menuju Bandara Soekarno-Hatta untuk lepas landas menuju Arab Saudi. Keberangkatan pertama adalah kloter 1 pukul 05.00 WIB. Lalu disusul tiga kloter selanjutnya setiap dua jam berselang.

Adapun jumlah total Jamaah Calon Haji dari Provinsi Jawa Barat untuk Ibadah Haji 1440 Hijriah adalah 38.913 orang. Jamaah dibagi kedalam 97 kloter. "Harapan kami khususnya orang Jawa Barat, doakan supaya warga kita saudara kita bisa melaksakan ibadah haji tahun ini dengan lancar," tutup Azam.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini