Senin 08 Jul 2019 18:00 WIB

Kemenag Siapkan Aplikasi Layanan Umrah

Aplikasi layanan umrah sudah diujicobakan di 14 PPIU

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama tengah mempersiapkan aplikasi layanan umrah. Aplikasi online ini nantinya akan memudahkan, memberikan rasa aman kepada jamaah umrah di Indonesia.

Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin menyebut inovasi ini merupakan kemajuan yang luar biasa jika bisa diselesaikan dengan baik. Hal ini ia sampaikan saat memimpin rapat dengan jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) membahas Paparan Aplikasi Umrah Online di Ruang Kerja Menag, Jakarta, Senin (8/7).

Menag juga berharap aplikasi ini dapat memantau Penyelenggaraan Perjalan Ibadah Umrah (PPIU) yang berniat ‘nakal’ kepada jamaah umrah. Bahkan, dalam aplikasi umrah ini nantinya jamaah sudah bisa membuka dan mengetahui waktu keberangkatan dan kepulangannya.

Ke depan, PPIU hanya boleh mencairkan dana jamaah umrah jika sudah ada kejelasan keberangkatan, katering, hotel jamaah umrah dan lainnya. “Aplikasi ini bisa dilaksanakan setelah musim haji tahun 2019. Ini kemajuan dan prestasi yang luar biasa jika diselesaikan dengan baik,” ujar Menag.

Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Ditjen PHU, Arfi Hatim dalam paparan menyampaikan bahwa aplikasi umrah ini sudah dipersiapkan dengan baik dan sudah dilakukan uji coba kepada 14 PPIU. PPIU dalam hal ini, yang mempunyai akses untuk menginput data pendaftar jemaah umrah.

Dengan aplikasi ini,  jamaah yang ingin mendaftar umrah bisa dengan leluasa memilih PPIU yang diinginkan. “Jamaah umrah bisa dengan bebas memilih PPIU yang diinginkan sampai kepada paket layanannya,” kata Arfi Hatim

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement