Senin 15 Jul 2019 18:27 WIB

Cara Kemenkes Ingatkan Jamaah Haji Menghindari Dehidrasi

Kemenkes mendeklarasikan Gerakan Minum Air Bersama untuk jamaah haji

Rep: Ali Yusuf/ Red: Hasanul Rizqa
 Ilustrasi Jamaah Haji
Foto: Mgrol120
Ilustrasi Jamaah Haji

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Pusat Kesehatan Haji Indonesia mendeklarasikan Gerakan Minum Air Bersama. Hal ini dilakukan sebagai bentuk ikhtiar pemerintah dalam melindungi jamaah haji dari sakit akibat cuaca panas dan dehidrasi, semisal heatstroke.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia Eka Jusup Singka mengatakan, Gerakan Minum Air Bersama dimulai sejak Senin (15/7) sore Pukul 16.00 waktu Arab Saudi (WAS) di sektor 2 Madinah.

Baca Juga

"Saya akan melepas kloter JKS 1 ke Mekkahn dengan GERAKAN MINUM AIR BERSAMA. Hari ini tanggal 15 Juli 2019. Bertempat di Sektor 2 Madinah," kata Eka kepada Ihram.co.id, Senin (15/7).

Eka menekankan pentingnya meminum air mineral sebagai pencegahan dan penanganan terhadap dehidrasi. Menurut dia, gerakan ini harus dipahami seluruh jamaah haji, baik yang sudah di Tanah Suci maupun yang dalam persiapan dari Tanah Air. "Gerakan ini terutama (memerlukan) peran aktif jamaah haji," katanya.

 

Eka mengaku merasa bersyukur atas bantuan dan dukungan penuh teman-teman PPIH Kementerian Agama yang telah mensupport tentang pentingnya minum air sebagai langkah pencegahan timbulnya berbagai macam penyakit.

"Kami telah mendeklarasikan bahwa kegiatan minum air bersama adalah gerakan dari masyarakat untuk masyarakat agar jamaah terhindar dari penyakit akibat kekurangan air," katanya.

Gerakan Minum Air Bersama ini dihadiri Kepala Sektor 2 dokter Rusdi beserta jajarannya, Kabid Kesehatan dokter. Indro Murwoko, Kabid Bimbingan Petugas Afwan Rangkuti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement