Selasa 23 Jul 2019 11:44 WIB

614.918 Jamaah Haji Tiba di Arab Saudi

Petugas Arab Saudi menyambut jamaah haji dengan sukacita

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Hasanul Rizqa
 Ilustrasi Haji
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Haji

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Direktorat Jenderal Paspor Saudi (Jawazat) melaporkan sebanyak 614.918 orang jamaah haji telah tiba di Arab Saudi hingga Senin (22/7) malam. Berdasarkan data sementara itu, Jawazat memperinci sebanyak 596.719 orang datang ke negara tersebut melalui jalur penerbangan. Adapun sebanyak 11.551 orang jamaah haji melalui jalur darat, sedangkan 6.648 orang melalui jalur laut.

Dilansir Saudi Gazzate, Selasa (23/7), Jawazat menyambut kedatangan jamaah haji dari Yaman di perbatasan al-Wadiah. Sebagai tanda apresiasi, Jawazat memberikan rupa-rupa hadiah, termasuk setangkai bunga mawar, kepada setiap jamaah.

Baca Juga

Direktur Paspor di Provinsi Najran Mayjen Sulaiman bin Saleh al-Sulaiman menjelaskan, otoritas setempat menyiapkan terminal untuk menyambut kedatangan jamaah haji. Di masing-masing terminal, terdapat staf yang terlatih. Selain itu, terdapat alat yang berfungsi mendeteksi pemalsuan dokumen, komputer, dan peralatan biometrik untuk memperlancar prosedur bagi jamaah haji.

Business Recorder melaporkan, Saudi Ground Services Company terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada jamaah haji yang tiba di 27 bandara Arab Saudi. Perusahaan itu secara khusus menugaskan lebih dari tujuh ribu staf untuk melayani jamaah haji di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah serta Bandara Bandara Internasional Bin Abdul Aziz di Madinah.

Pelabuhan Jeddah juga bersiap menerima kedatangan 22 ribu jamaah untuk musim haji tahun ini. Diperkirakan, jumlah jamaah haji via pelabuhan itu meningkat 37 persen daripada tahun lalu.

Menurut presiden Otoritas Pelabuhan Saudi (MAWANI), Saad bin Abdul Aziz Al-Khalb, sebanyak 22 perjalanan menggunakan empat feri tiba di pelabuhan, mewakili kenaikan 29 persen jumlah perjalanan laut dari tahun sebelumnya. Pelabuhan Islam Jeddah akan menerima jamaah haji hingga 6 Agustus, lebih dari 266 personel terlibat mengawasi musim haji tahun ini.

Sementara itu, berdasarkan data Siskohat Ditjen PHU Kementerian Agama (Kemeng) Republik Indonesia, hingga pukul 11.00 WIB atau 07.00 waktu Arab Saudi (WAS), sebanyak 116.821 orang jamaah haji asal Indonesia telah tiba di Arab Saudi. Mereka berasal dari 289 kelompok terbang (kloter).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement