Jamaah Haji Diimbau Hati-Hati Saat Menyeberang Jalan

Rabu , 24 Jul 2019, 07:42 WIB Reporter :Muhammad Hafil/ Redaktur : Hasanul Rizqa
Jamaah haji Indonesia mengikuti manasik haji di pelataran Masjid Nabawi,  Madinah,  Selasa (22/7). Manasik haji dilakukan untuk memantapkan pemahaman ibadah secara baik dan benar.
Jamaah haji Indonesia mengikuti manasik haji di pelataran Masjid Nabawi, Madinah, Selasa (22/7). Manasik haji dilakukan untuk memantapkan pemahaman ibadah secara baik dan benar.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Kepala PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Makkah Subhan Cholid meminta agar jamaah haji Indonesia berhati-hati ketika di jalan. Sikap hati-hati amat diperlukan terutama ketika mereka akan menyeberang jalan raya.

 

"Kami mengimbau kepada jamaah agar memerhatikan tata cara keselamatan lalu lintas. Bagaimana menaiki kendaraan agar diperhatikan. Ini menyangkut perbedaan budaya dan kebiasaan," kata Subhan, Selasa (23/7) malam waktu Arab Saudi (WAS).

Terkait

Pada Selasa (23/7) siang WAS, dirinya mengaku mendapatkan laporan adanya seorang jamaah dari embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG). Jamaah tersebut tertabrak mobil saat hendak menyebrang jalan. Ada kemungkinan, yang bersangkutan lupa atau belum memahami budaya yang berbeda antara di Tanah Air dan Arab Saudi.

Baca Juga

"Di Tanah Air, biasa di jalur kiri, tapi di Arab Saudi di jalur kanan. Lalu dia menoleh kebalikannya," tutur Subhan.

Untuk diketahui, Arab Saudi menggunakan sistem jalan yang melaju pada arah kanan. Sebaliknya, kendaraan di Indonesia menggunakan jalur kiri karena posisi kemudi berada di kanan.

Menurut Subhan, saat ini jamaah tersebut sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan perawatan. Sementara, orang yang mengendarai mobil itu sudah berurusan dengan kepolisian setempat dan menyatakan bersedia untuk bertanggung jawab terkait pengobatan jamaah tersebut.

Subhan, sekali lagi, meminta setiap jamaah haji agar lebih berhati-hati. Tak terkecuali ketika mereka akan menaiki lift di hotel atau eskalator di Masjid al-Haram.

"Kita juga dapat informasi ada jamaah yang kainnya tersangkut di eskalator lalu terjatuh. Mohon agar lebih hati-hati di manapun. Di jalan, di hotel, atau di Masjid Al Haram," kata Subhan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini