Kamis 25 Jul 2019 19:55 WIB

Calhaj Asal Banyumas Mulai Diberangkatkan Hari ini

Pemberangkatan calhaj asal Banyumas dilakukan bertahap.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Nashih Nashrullah
Pemberangkatan Pertama Embarkasi Solo. Jamaah calon haji kloter pertama asal embarkasi Solo memasuki pesawat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (7/7/2019).
Foto: Republika/ Wihdan
Pemberangkatan Pertama Embarkasi Solo. Jamaah calon haji kloter pertama asal embarkasi Solo memasuki pesawat di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Ahad (7/7/2019).

IHRAM.CO.ID, PURWOKERTO – Calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Banyumas, mulai diberangkatkan ke tanah suci. Pemberangkatan gelombang pertama calhaj Purwokerto ini, secara resmi dilepas Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastianto di pendopo Setda Banyumas, Kamis (25/7). Para jamaah selanjutnya akan berangkat ke Asrama Haji Donohudan untuk diterbangkan ke tanah suci, Jumat (26/7) petang.

''Calhaj yang diberangkatkan merupakan jemaah yang tergabung dalam kloter 67. Jumlah calhaj asal Banyumas yang masuk kloter ini ada sebanyak 225 orang. Di kloter ini, kami akan berangkat bersama calon haji asal Kudus,'' jelas Koordinator Pemberangkatan Kloter 67 Kementrian Agama Banyumas, Agus Setiawan.

Baca Juga

Para calhaj asal Banyumas ini, diberangkatkan ke Asrama Haji Donohudan dengan menggunakan lima armada bus. 

Dia juga menyebutkan, dari 225 calhaj yang tergabung dalam Kloter 67, sebanyak 149 calon haji termasuk calon haji yang memiliki risiko tinggi. Hal ini mengingat para calon haji tersebut rata-rata sudah berusia di atas 60 tahun.  

Namun dalam kloter ini, Agus juga menyebutkan, ada seorang calhaj yang merupakan calhaj termuda dari Banyumas. Yang bersangkutan bernama Asyam Haidar Fatin yang tercatat berusia 19 tahun dua bulan. 

Sedangkan calhaj tertua atas nama Samsudi Alsudi yang tercatat berusia 91 tahun, akan berangkat bersama kloter terakhir atau kloter sapujagad.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, saat melepas para calon haji tersebut menyampaikan ucapan selamat karena mereka mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci. ''Saya berharap perjalanan semuanya bisa berjalan lancar dan pulang menjadi haji yang mabrur,'' katanya.

Kepala Kantor Kemenag Banyumas, Imam Hidayat, sebelumnya menyatakan jumlah calhaj Banyumas seluruhnya berjumlah 1.254 orang. Para Calhaj tersebut, terbagi dalam lima kelompok terbang (kloter), masing-masing kloter  67, 68, 69, 70, dan 96 atau kloter sapu jagad. 

Setelah pemberangkatan Kloter 67 Kamis (25/7) siang, Kloter 68, dan 69 akan berangkat pada malam harinya pukul 21.00 dan pukul 23.00. Sedangkan Kloter 70, diberangkatkan Jumat (26/7) pukul 06.00.  Sedangkan untuk Kloter 96 atau Kloter Sapu Jagad, menurut rencana baru akan  diberangkatkan pada Sabtu (3/8) malam sekitar pukul 23.00. 

 

 

 

 

 

 

  

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement