202 Ribu Jamaah Tiba di Tanah Suci

Ahad , 04 Aug 2019, 21:45 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Haji
Haji

IHRAM.CO.ID,Oleh Syahruddin El-Fikri, Dari Makkah, Arab Saudi

 

MAKKAH—Jumlah jamaah haji Indonesia terus memadati Makkah. Berdasarkan data Siskohat Kemenag, jumlah jamaah haji Indonesia yang sudah meninggalkan Tanah Air dan yang sebagian sudah tiba di Tanah Suci hingga Ahad (4/8) pukul 13.46 waktu Arab Saudi (WAS), mencapai 206.198. Sementara jamaah haji Indonesia yang tiba di Tanah Suci mencapai 204.684 orang.

Terkait

Sebagaimana diketahui, jamaah haji Indonesia berjumlah 214 orang yang reguler, ditambah 17 ribu jamaah haji khusus. Totalnya berjumlah 231 ribu orang. Menurut data Siskohat Kemenag, jamaah haji reguler yang berangkat dan terhimpun dalam siskohat tersisa sekitar 8.000 jamaah lagi. Artinya, pemberangkatan dari Tanah Air akan segera berakhir.

Sementara itu, total kloter yang berangkat dan meninggalkan Tanah Air menuju Tanah Suci mencapai 512 kloter dari rencana akhir 529 kloter. “Saat ini yang tiba di Tanah Suci, mencapai 508 kloter,” tulis data Siskohat Kemenag.

Sementara itu, jumlah jamaah yang wafat terus bertambah. Saat ini jumlahnya sudah mencapai 55 orang. Sejak Jumat hingga Sabtu ini, jumlah jamaah yang wafat bertambah sebanyak 9 orang.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengingatkan agar jamaah terus menjaga diri dan kesehatannya. “Jaga diri, dan ukur kemampuan diri bila hendak melakukan sesuatu. Jaga kesehatan dan pola makan,” ujar Lukman Hakim Saifuddin yang juga amirul hajj 2019.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini