Senin 05 Aug 2019 18:30 WIB

Sepekan Jelang Puncak Haji, Persiapan Arafah 70 Persen

Arafah akan siap digunakan seluruhnya pada 7 Agustus.

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Nashih Nashrullah
Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis.
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama, Sri Ilham Lubis.

IHRAM.CO.ID, MAKKAH – Kementerian Agama terus memantapkan persiapan tenda-tenda di Arafah untuk jamaah haji Indonesia. Direktur Pelayanan Haji Luar, Sri Ilham Lubis, mengatakan kesiapan tenda-tenda di Arafah-Mina sudah mencapai 70 persen.  

“Ada banyak hal yang baru kita lakukan tahun ini sebagai inovasi termasuk pemasangan instalasi AC berkapasitas besar di Arafah dan penomoran tenda-tenda sesuai maktab,” kata Sri, Senin (5/8).

Baca Juga

Sri dan sejumlah petugas haji meninjau persiapan tenda-tenda di Arafah, Ahad (4/8) malam. Petugas haji dikerahkan untuk memasang label nomor tenda yang disesuaikan dengan kloter dan kapasitas tenda.

Penomoran dan penyiapan tenda terus dilakukan tanpa memandang waktu. Seperti yang dilakukan di Mina bahkan dimulai pada Ahad malam (4/8) pukul 22.00 waktu setempat

 

Di Arafah sejumlah tenda telah siap dengan AC yang sudah mulai menjalani uji untuk dinyalakan. Beberapa di antaranya AC 12 ton berkapasitas 56 PK sedangkan AC 25 ton berkapasitas 118 PK. 

Sementara instalasi air untuk toilet juga telah siap dengan drum-drum yang pada saatnya nanti akan diisi dengan batu es. Sedangkan fasilitas dapur juga sudah mulai siap digunakan dan bahkan sudah digunakan untuk memasak makanan bagi para pekerja.

Sementara, Kepala Seksi Akomodasi, Abduh Dhiyaur Rahman, mengatakan pihaknya menargetkan seluruh penomoran tenda baik di Arafah maupun Mina rampung pada 7 Agustus 2019. Karena pada 8 September 2019, jamaah mulai diberangkatkan ke Arafah dari pondokannya.

“Penomoran untuk tenda di Mina baru 2 nomor maktab. hari ini siap tempel 15 Maktab Arafah dan 6 Maktab Mina. Sore nanti dilanjutkan 20 Maktab Arafah dan Mina,” katanya, Senin (5/8) pagi.  

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement