Selasa 13 Aug 2019 14:40 WIB

200 Jamaah Haji Alami Kelelahan Selama Proses Lempar Jumrah

200 jamaah haji dirawat di posko kesehatan Mina.

Penampakan jalur lalulintas dan hamparan tenda di Mina dari udara, Senin (12/8).
Foto: Amr Nabil/AP
Penampakan jalur lalulintas dan hamparan tenda di Mina dari udara, Senin (12/8).

IHRAM.CO.ID,  MAKKAH— Selama pelaksanaan melontar jumrah, sampai Senin (12/8), sebanyak 200 jamaah mengalami kelelahan fisik dan dirawat di Posko Kesehatan Mina.  

Menurut Kepala Satuan Tugas (Satgas) Mina, Akhmad Jauhari, hal ini dikarenakan pelaksanaan jumrah yang berlangsung secara simultan. 

Baca Juga

"Pada 10 Zulhijah, yang ada di pos itu lebih dari 200 orang yang harus kita tangani karena sebagian dari mereka itu kecapekan dan juga sebagian dari mereka itu tidak tahu jalan," ujar Jauhari.

Namun, kata dia, pada pelaksanaan hari kedua, yakni 11 Zulhijah, semuanya berlangsung lancar dan tidak banyak yang mengalami kelelahan atau pun penanganan yang dilakukan tim kesehatan dibandingkan hari pertama. 

Menurut Jauhari, dari Arafah 9 Zulhijjah, lalu malam harinya mabit sebentar di Muzdalifah, dan kemudian pada pukul 00.00 mereka diberangkatkan menuju Mina selanjutnya mereka melakukan jumrah aqabah. "Jadi cukup wajar kalau mereka kelelahan. "Alhamdulillah pada Senin sore, jumlahnya berkurang cukup signifikan," terangnya. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement