Tiga Jamaah Padang Masih di Tanah Suci

Kamis , 05 Sep 2019, 00:33 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Ani Nursalikah
Jamaah haji menuruni Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (10/8). Sekitar 2 juta jamaah haji dari berbagai negara  berwukuf di tempat ini sebagai salah satu syarat sah berhaji.
Jamaah haji menuruni Jabal Rahmah saat berwukuf di Padang Arafah, Makkah, Arab Saudi, Sabtu (10/8). Sekitar 2 juta jamaah haji dari berbagai negara berwukuf di tempat ini sebagai salah satu syarat sah berhaji.

IHRAM.CO.ID, PADANG -- Sebanyak 6.982 jamaah haji Debarkasi Padang sudah kembali ke Tanah Air. Jamaah yang terbagi dalam 18 kelompok terbang (kloter) tersebut sudah kembali ke daerah masing-masing. Terakhir, rombongan yang yang sampai ke Tanah Air melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) adalah kloter 18 yang beranggotakan 375 jamaah.

 

Terkait

"Semua kloter sudah kembali. Tapi ada tiga jamaah dari Embarkasi Padang yang masih di Arab Saudi. Satu jamaah asal Bengkulu dan dua orang dari Sumatra Barat," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Kantor Wilayah Sumatra Barat, Efrizal, kepada Republika.co.id, Rabu (4/9).

Baca Juga

Tiga orang jamaah yang masih di Arab Saudi tersebut belum bisa pulang ke Indonesia karena dalam pemulihan. Mereka adalah Fatma Dewi Kapris, jamaah kloter 7 yang kini dirawat di Madinah. Fatma berasal dari Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu.

Kemudian Marliah Samon Husin, jamaah kloter 9 yang dirawat di RS AL Noer Makkah, Marliah berasal dari Kota Sawahlunto, Sumatra Barat. Satu lagi Asnidar Syafei Idris, jamaah kloter 17, berasal dari Kota Padang. Asnidar sekarang dirawat di RS Al Anshor Madinah.

Efrizal menyebutkan data jamaah yang diberangkatkan 7.001 orang. Jamaah yang wafat sebanyak 16 orang. Jamaah yang sudah pulang 6.982 orang dan masih tinggal di Arab Saudi tiga orang.

Nantinya, pemulangan tiga jamaah ini akan diurus Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Ketiganya akan dipulangkan bersama kloter yang masih dalam proses pemulangan ke Tanah Air.

"Bisa pulang melalui Jakarta, Surabaya, atau Medan. Nanti ada yang mengantarkan ke Padang," ujar Efrizal.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini