Rabu 02 Oct 2019 20:48 WIB

Gubernur Lampung Ajak Mantan Petugas Haji Edukasi Umat

Edukasi umat tentang kesehatan haji sangat penting.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nashih Nashrullah
Petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1440 H Daerah Kerja (Daker) Bandara menggelar apel pagi, Sabtu (6/7)  waktu Madinah untuk menyambut kedatangan rombongan jamaah haji kloter pertama Embarkasi Surabaya. Apel pagi dipimpin Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat. Kloter pertama dijadwalkan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz sekitar pukul 10.00 waktu Arab Saudi.
Foto: Syahruddin El Fikri/Republika.co.id
Petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1440 H Daerah Kerja (Daker) Bandara menggelar apel pagi, Sabtu (6/7) waktu Madinah untuk menyambut kedatangan rombongan jamaah haji kloter pertama Embarkasi Surabaya. Apel pagi dipimpin Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat. Kloter pertama dijadwalkan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz sekitar pukul 10.00 waktu Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak petugas dan mantan petugas haji yang tergabung dalam Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Provinsi Lampung untuk bersinergi mengawal dan mengedukasi jamaah calon haji (calhaj) Lampung.

Edukasi AKHI sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan para jamaah agar istitha’ah (mampu) dalam melaksanakan ibadah umrah dan haji.

Baca Juga

Menurutnya, AKHI dapat berperan menjadi mitra Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung khususnya, dalam memberikan pembinaan dan penyuluhan kesehatan kepada para jamaah calhaj dan umrah pada tahap persiapan di Indonesia.

“Saat ini Bandara Internasional Raden Intan II akan segera menjadi bandara embarkasi haji penuh. Artinya, akan ada peningkatan jumlah jamaah,” kata Gubernur Arinal Djunaisi di sela-sela menerima kunjungan pengurus AKHI di Kantor Gubernur Lampung, Selasa (2/10).

Gubernur berharap, pengurus dan petugas AKHI selain memberikan pengetahuan mengenai informasi kesehatan, juga berbagi saran berdasarkan pengalaman selama menjadi petugas di tanah suci.

Ketua AKHI Provinsi Lampung, dr Zam Zanarinah, mengatakan AKHI Provinsi Lampung siap bersinergi dengan Pemprov Lampung untuk memberikan pembinaan dan pelayanan kesehatan bagi para jamaah calhaj dan jamaah umrah di Provinsi Lampung.

Menurut Zam Zanariah, AKHI merupakan wadah perkumpulan mantan petugas kesehatan haji yang terdiri dari para dokter dan perawat di bidang kesehatan jamaah haji selama di tanah suci.

"Kami siap memberikan penyuluhan dan mengedukasi terutama pada saat menasik hingga ke kecamatan,” ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan penyuluhan kesehatan oleh AKHI merupakan program kerja rutin AKHI yang sudah sering dilaksanakan terutama pada saat manasik haji.

“Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan jamaah adalah dalam rangka memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan jamaah haji, sehingga mencapai istitha’ah (kemampuan) yang siap beribadah,” ujarnya.  

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement