Jumat 22 Nov 2019 17:54 WIB

Karpet Raksasa Hiasi Masjid Agung Sultan Qaboos

Menelusuri masjid Agung Sulatan Qaboos di Muscat, Oman.

Rep: Nur Hasan Murtiaji/ Red: Sadly Rachman
Masjid Agung Sultan Qaboos, Muscat, Oman
Foto: Republika/Nur Hasan Murtiaji
Masjid Agung Sultan Qaboos, Muscat, Oman

IHRAM.CO.ID, OMAN -- Masjid Agung Sultan Qaboos selesai dibangun pada 2001. Masjid yang berada di Distrik Bawshar, pusat Ibu Kota Oman, Muscat, ini memiliki arsitektur yang sederhana.

Namun, kesederhanaan arsitekturnya memiliki kekhasan, yakni kaya akan detail. Arsitektur yang membingkai masjid ini berhasil menggabungkan beraneka tradisi seni berbagai era dan wilayah Islam dalam bauran yang harmoni.

Lahan masjid ini mencakup kawasan seluas 416 ribu meter persegi. Jalan ke pintu masuk utama melalui tiga lengkungan tinggi sejajar dengan garis marmer gelap yang cekung ke trotoar dan kemudian bertemu di menara tinggi.

Lantainya ditutupi karpet seluas 4.263 meter persegi, karya tenun Persia yang menawan. Uniknya, karpet tersebut tidak terpotong atau hanya selembar karpet alias langsung dijahit di lokasi. Selembar karpet ukuran raksasa ini terdiri lebih dari satu juta pintalan dengan berat total 21 ton.

Ruang shalat juga berukuran cukup luas, yakni 61x71 meter. Alhasil, ruang utama untuk beribadah ini mampu menampung hingga 6.600 jamaah. Disediakan pula ruang shalat khusus perempuan untuk 750 jamaah. Adapun area luar masjid, seperti pelataran tengah dan sepanjang koridor masjid, mampu diisi hingga 8.000 jamaah. Bila ditotal, daya tampung masjid bisa mencapai 20 ribu jamaah.

Seluruh ruang didominasi oleh kubah setinggi 34 meter. Di tengahnya bergantung sebuah lampu berukuran besar yang mewah. Mewah karena dibuat dengan bahan dari kristal swarovsky yang menjadi terang benderang karena terdapat 1.122 lampu menyinari kubah dalam cahaya magis.

Berikut video lengkapnya.

 

 

Videografer | Nur Hasan Murtiaji

Video Editor | Wisnu Aji Prasetiyo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement