Kamis 30 Jan 2020 04:00 WIB

Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf T

Berikut ini sejumlah istilah dan singkatan terkait haji dan umrah dari huruf T.

Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf T. Foto: Ilustrasi Tahalul
Foto: Republika/Mardiah
Daftar Istilah dan Singkatan Haji - Umrah dari Huruf T. Foto: Ilustrasi Tahalul

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Rangkaian penyelenggaraan ibadah haji dan umrah adalah salah satu ibadah yang rutin dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Untuk ibadah haji, puncaknya dilaksanakan pada bulan Dzulhijah. Sementara untuk ibadah umrah, bisa dilakukan umat Islam sepanjang tahun.

Bagi umat Muslim, terutama di Indonesia, yang belum pernah melaksanakan ibadah haji dan umrah, tentu akan dihadapkan pada sejumlah istilah dan singkatan terkait ibadah itu. Berikut ini merupakan beberapa istilah dan singkatan terkait haji dan umrah dari huruf 'T'.

Baca Juga

Tahallul : Keadaan seseorang yang telah dihalalkan (dibolehkan) melakukan perbuatan yang sebelumnya dilarang selama berihram. Tahallul ada 2 macam :

a. Tahallul Awal ialah keadaan seseorang yang telah melakukan dua diantara tiga perbuatan : misalnya melontar Jumroh Aqobah dan bercukur atau Jumroh Aqobah dan Tawaf Ifadah serta Sa'i atau Tawaf Ifadah dan Sa'i serta bercukur. Sesudah Tahallul awal seseorang boleh ganti pakaian biasa dan memakai wangi-wangian dan boleh mengerjakan semua yang dilarang selama berihram, akan tetapi masih dilarang bersetubuh dengan istri/suami.

b. Tahallul Tsani ialah keadaan seseorang yang telah melakukan ketiga perbuatan : melempar Jumroh Aqobah, bercukur dan Tawaf Ifadah serta Sa'i. Bagi yang Tawaf Qudum disertai Sa'i maka tidak perlu melakukan Sa'i lagi setelah Tawaf Ifadah. Sesudah Tahallul Tsani seseorang boleh bersetubuh dengan istri/suami.

Tawaf: mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali. (Ka'bah berada di sebelah kiri) di mulai dari arah sejajar Hajar Aswad. Orang yang melakukan tawaf harus dalam keadaan suci dari hadas besar, kecil dan najis.

Macam-macam thawaf sebagai berikut:

a. Tawaf Qudum ialah tawaf sunat sebagai penghormatan pada Baitullah(tahiyat), bagi orang yang melaksanakan haji ifrad atau haji qiran, sedangkan bagi haji tamattu' ketika pertama kali memasuki kota Mekkah langsung melakukan tawaf umrah. Tawaf umrah adalah rukun umrah, orang yang telah melakukan tawaf umrah berarti dia telah melakukan tawaf qudum karena didalamnya telah mencakup makna tawaf qudum.

b. Tawaf Ifadah ialah tawaf rukun haji apabila di tinggalkan tidak sah hajinya. adapun waktunya sesudah Wukuf di Arafah sedangkan awal waktunya setelah lewat tengah malam tanggal 10 Julhijah.

c. Tawaf Wada ialah tawaf pamitan yang wajib dilakukan seseorang yang akan meninggalkan kota Mekkah dan Tawaf Wada tersebut tidak disertai dengan sa'i.

d. Tawaf Sunat ialah tawaf yang dilakukan setiap masuk masjidil Haram tanpa pakaian ihram dan bukan dalam rangka haji.

Taklimatul Hajj : Peraturan Perhajian Pemerintah Arab Saudi

Taksir: Perkiraan harga pemondokan

Tamattu: Melaksanakan umrah terlebih dahulu pada musim haji, baru kemudian melaksanakan haji

Tanazul: Jamaah yang memisahkan diri dari kloternya

Tasyrih/Tasmit: Kelaikan pemondokan/gedung/hotel

Terminal Hijrah: Terminal haji di Madinah

Terminal Bab Ali: Terminal Bus Shalawat di sebelah timur Masjidil Haram. Untuk jamaah haji Indonesia, terminal ini untuk bus shalawat rute ke pemondokan di Mahbas Jin

Terminal Ziad: Terminal Bus Shalawat di belakang Zamzam Tower. Untuk jamaah haji Indonesia, terminal ini untuk Bus Shalawat rute ke Rei Bakhsy dan Misfalah

Terminal Syib Amir: Terminal Bus Shalawat di dekat bekas pasar seng. Untuk jamaah haji Indonesia, terminal ini untuk rute pemondokan ke Syiyah, Aziziyah, Jarwal, dan Rawdah.

THI : Tabungan Haji Indonesia

TKHD: Tim Kesehatan Haji Daerah

TKHI: Tim Kesehatan Haji Indonesia

TPHD: Tim Petugas Haji Daerah

TPHI: Tim Pemandu Haji Indonesia

TPIHI: Tim Pembimbing IBadah Haji Indonesia

*Sumber: Haji dari Masa ke Masa (Kemenag) dan Republika.co.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement