Ahad 23 Feb 2020 12:15 WIB

Kemenag Minta Petugas Haji Contoh Petugas Kabin Pesawat

Petugas haji harus memiliki komitmen dan disiplin melayani jamaah haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Kemenag Minta Petugas Haji Contoh Petugas Kabin Pesawat. Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi H Dasir. (foto: istimewa)
Foto: foto: kemenag.go.id
Kemenag Minta Petugas Haji Contoh Petugas Kabin Pesawat. Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi H Dasir. (foto: istimewa)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi H. Dasir meminta petugas haji mencontoh petugas kabin pesawat (pramugari/pramugara) dalam bertugas.

Menurutnya, petugas kabin pesawat memiliki komitmen dalam memberikan pelayanan dan perlindungan kepada penumpangnya. Komitmen tersebut disebut juga harus dimiliki dan dilakukan petugas haji.

Baca Juga

"Petugas haji juga harus mempunyai komitmen dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jamaah haji," kata Khoirizi dalam keterangan yang didapat Republika.co.id, Ahad (23/2).

Tidak hanya komitmen memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jamaah haji, yang tidak kalah penting dari mencontoh pramugari adalah disiplin dalam memakai seragam. Seragam disebut wajib digunakan setiap hari selama bertugas.

Khorizi menyebut jamaah saat melihat seragam petugas, apalagi terdapat bendera Indonesia di lengannya, akan merasa aman dan nyaman selama beribadah. Petugas haji juga harus membawa iman jamaah haji sebanyak-banyaknya sehingga ibadah hajinya lebih sempurna. Menurutnya, kemabruran haji seseorang itu tidak bisa diukur, tetapi kesempurnaan ibadah haji seseorang bisa diukur.

"Misalnya melaksanakan thawaf tujuh kali, sa'i tujuh kali tidak lebih dan tidak kurang, sampai dengan wukuf di Arafah harus benar-benar sempurna," ujarnya.

Ia menegaskan menjadi petugas tidak boleh menzhalimi jamaah haji. Menjadi petugas tujuan utamanya bukan untuk berhaji, haji adalah bonus.

"Petugas diminta luruskan niat, jangan bawa-bawa nafsu dan ego masing-masing, siapkan diri kita untuk melayani dhuyufurrahman," ujar Khoirizi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement