Senin 24 Feb 2020 13:28 WIB

Kemenag Kalsel Gandeng UIN Sertifikasi Pembimbing Manasik

Dengan sertifikasi, diharapkan pembimbing manasik lebih berkualitas.

Kemenag Kalsel Gandeng UIN Sertifikasi Pembimbing Manasik.
Foto: Antara
Kemenag Kalsel Gandeng UIN Sertifikasi Pembimbing Manasik.

IHRAM.CO.ID, BANJARMASIN -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan H Noor Fahmi menyatakan menggandeng Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin untuk menyelenggarakan sertifikasi pembimbing manasik haji.

Kemenag bekerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Antasari Banjarmasin untuk menyelenggarakan sertifikasi bimbingan manasik haji pada April nanti. "Pendaftaran akan dibuka pada 1 sampai 31 Maret ini di sekretariat Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Antasari Banjarmasin," ujarnya, Senin (24/2).

Baca Juga

Noor Fahmi menyatakan, penyelenggaraan sertifikasi pembimbing manasik haji tersebut sudah menjadi standar kerja sama antara Ditjen PHU Kemenag dengan Universitas Islam Negeri (UIN) di seluruh Indonesia.

"Melalui sertifikasi bagi pembimbing manasik haji, diharapkan mereka sebagai pelaksanaan manasik yang lebih berkualitas," ujarnya.

 

Karena ini sebagai inovasi bagi pelayanan haji yang lebih maksimal di tahun ini, khususnya di bimbingan untuk jamaah haji sebelum keberangkatan. Menurut Noor, keberadaan pembimbing manasik haji Indonesia merupakan salah satu bagian penting dalam pelaksanaan ibadah haji dan umrah.

Namun, dari sekian banyak pembimbing manasik haji di Indonesia, belum ada yang memiliki sertifikat dari lembaga terkait. "Saya menyarankan bagi para pembimbing manasik haji agar bisa segera mendaftarkan diri ke FDKI UIN Antasari Banjarmasin untuk mendapatkan sertifikasi tersebut," ujarnya.

Jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini sebanyak 3.831 orang, termasuk petugas haji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement