Senin 09 Mar 2020 09:08 WIB

Arab Saudi Menunda Perjalanan 9 Negara

Kerajaan juga menangguhkan semua kegiatan pendidikan dan Alquran di masjid.

Rep: Mabruroh/ Red: Agus Yulianto
Terminal haji di Bandara Jeddah, Arab Saudi
Foto: wikipedia commons
Terminal haji di Bandara Jeddah, Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID,  RIYADH -- Otoritas Arab Saudi telah menunda sembilan perjalanan, baik dari udara maupun laut. Penutupan perjalanan sembilan negara ini untuk mengurangi dampak dari penyebaran virus corona di Saudi.

Dilansir dari Arabnews, sembilan negara yang ditunda penerbangannya ini meliputi Korea Selatan, Italia, Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Lebanon, Suriah, Mesir, dan Irak.

Penundaan ini merupakan langkah pembaruan yang dilakukan Arab Saudi dari sekian banyak upaya pencegahan penyebaran virus corona yang berasal dari Wuhan. Kerajaan bahkan lebih dahulu menangguhkan perjalanan dari dan menuju Wuhan pada bulan lalu.

Pada pekan sebelumnya pun kerajaan menghentikan sementara masuknya kendaraan dari Bahrain, UEA, dan Kuwait kecuali kendaraan komersial.

Mereka yang ingin mengunjungi Arab Saudi hanya diperbolehkan berhenti di tiga bandara utama, yakni Riyadh, Jeddah, dan Dammam. Di sana mereka dapat diperiksa oleh otoritas kesehatan.

Untuk diketahui, Otoritas Hiburan Umum Arab Saudi juga mengumumkan telah menutup Riyadh Boulevard dan Winter Wonderland karena kekhawatiran tentang virus corona baru. Arab Saudi pada Ahad (8/3) mencatat empat kasus baru virus corona sehingga  totalnya menjadi 11 kasus.

Kerajaan juga menyatakan pihaknya menangguhkan semua kegiatan pendidikan dan Alquran di masjid untuk membantu mencegah penyebaran virus corona baru. Menurut Kementerian Pendidikan Saudi, langkah-langkah pencegahan direkomendasikan oleh otoritas kesehatan dan untuk melindungi siswa dan staf.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement