Ahad 24 May 2020 05:35 WIB

Menelusuri Masjid-Masjid Tua di Jakarta (2)

Masjid tua di Jakarta menjadi tempat perjuangan umat Islam melawan penjajah Belanda.

Menelusuri Masjid-Masjid Tua di Jakarta (2). Masjid Al Arief di Senen, Jakarta Pusat.
Foto:

Seperti juga masjid tua lainnya, masjid At-Taibin juga disangga oleh empat tiang berjejer lurus, terbuat dari kayu jati hitam. Tiap tiang memiliki nama sesuai dengan pemberian orang-orang yang menyumbangnya. 

Tiang pertama bernama Hajjah Fulana binti Husain, kemudian berturut-turut Hajjah Jantiyah, Haji Muhammad bin Fulan dan Haji Sarbi. Para penyumbang ini tentunya orang-orang yang hidup saat masjid ini dibangun. Saat revolsui kemerdekaan, masjid ini pernah juga dijadikan markas pasukan Siliwangi.

Dari masjid-masjid inilah para ulama memberikan semangat kepada pejuang dalam melawan Belanda. Masjid terletak di Jl Senen Raya 4, Kalilio, Jakarta Pusat.

Dari Senen, kita memasuki kawasan Kwitang. Tidak jauh dari kali Ciliwung terdapat Masjid Al-Riyadh. 

photo
Warga menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Beras yang tersedia di masjid Jami At Taibin Senen, Jakarta. - (Republika/Prayogi)

Tapi orang lebih mengenalnya sebagai masjid Kwitang. Masjid ini dibangun sekitar satu abad lalu oleh Habib Ali Alhabsji, tokoh ulama Betawi. Awalnya masih berbentuk mushala. 

Sampai 1960-an, Habib Ali selalu mengajar di masjid ini. Untuk kemudian ia membangun Islamic Centre Indonesia di kediamannya, kira-kira 300 meter dari masjid.

Masjid ini pada 1963 pernah diresmikan Bung Karno. Bung Karno lah yang memberi nama Baitul Ummah atau kekuatan umat. Tapi kemudian diganti lagi dengan nama semula. 

Tiap Ahad ribuan orang mendatangi masjid ini untuk berziarah ke makam Habib Ali setelah mereka mendengarkan ceramah di majelis taklimnya. Masjid para imigran Glodok yang selalu hingar bingar lebih-lebih menjelang Lebaran, banyak memiliki masjid tua. 

Baca juga: Menelusuri Masjid-Masjid Tua di Jakarta (1)

 

sumber : Arsip Republika
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement