Rabu 15 Jul 2020 09:30 WIB

Mesir Tetapkan Idul Adha Terjadi pada 31 Juli

Hari Arafah menurut Kalender Islam menandai dimulainya Idul Adha 24 jam.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin
Mesir Tetapkan Idul Adha Terjadi pada 31 Juli (ilustrasi)
Foto: Republika.co.id
Mesir Tetapkan Idul Adha Terjadi pada 31 Juli (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MESIR -- Mesir telah menetapkan Hari Raya Idul Adha 1441 H jatuh pada 31 Juli 2020. Keputusan ini sesuai dengan putusan Lembaga Penelitian Nasional Astronomi dan Geofisika (NRIAG) Mesir pada Selasa (14/7).

Dilansir dari Ahram Online pada Rabu (15/7), dalam sebuah pernyataan resmi, NRIAG mengatakan bahwa berdasarkan perhitungan astronomi yang dilakukan oleh pengamatnya, Hari Arafah akan terjadi pada 30 Juli. Hari Arafah atau hari kesembilan bulan Dzulhijjah dan merupakan hari kedua dalam ritual haji di kota suci Makkah, Arab Saudi.

Hari Arafah menurut Kalender Islam menandai dimulainya Idul Adha 24 jam. Idul Adha, akan berlangsung selama empat hari untuk menghormati kesediaan Nabi Ibrahim yang mengorbankan putra sulung Nabi Ismail sebagai bentuk tunduk pada perintah Allah SWT.

Ibadah Haji tahun ini dilakukan dengan sangat terbatas karena pandemi Covid-19. Saudi yang biasa menerima jamaah haji hingga 2,5 juta orang, tahun ini hanya menerima 10 ribu jamaah dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement