Sabtu 18 Jul 2020 07:03 WIB

Museum Ithra Buka Peluang Pamerkan Karya Seniman Lokal Saudi

Seniman dan industri budaya telah terkena dampak pandemi ini.

Museum Ithra Buka Peluang Pamerkan Karya Seniman Lokal Saudi.
Foto: Arabnews
Museum Ithra Buka Peluang Pamerkan Karya Seniman Lokal Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID,DHAHRAN -- Dalam upaya mendukung bakat lokal, Ithra meluncurkan seruan terbuka kedua bagi para seniman Arab Saudi. King Abdulaziz Centre for World Culture (Ithra) yang berlokasi di Dhahran, Arab Saudi, telah meluncurkan Panggilan Terbuka tahunan kedua untuk para seniman berkembang Saudi dan Artis yang berbasis di Saudi.

Program dan inisiatif Ithra, seperti seruan terbuka untuk seniman, menawarkan peluang, keahlian dan sumber daya yang ditujukan untuk memberdayakan seniman Arab Saudi untuk mencapai potensi mereka. Pemenang panggilan terbuka pertama tahun lalu, Aziz Jamal, adalah lulusan baru yang karyanya belum pernah dipamerkan di sebuah institusi sebelumnya.

Dia dipilih dari seruan terbuka Ithra untuk seniman kontemporer di Provinsi Timur Kerajaan Arab Saudi. Di antara 600 pelamar, terdapat  dari 14 seniman yang dipilih di antara Jamal untuk memamerkan karyanya dalam pameran "Zamakan" di Museum Ithra.

Jamal juga memajang karyanya di di Jeddah pada Juni tahun lalu yang diselenggarakan oleh Dewan Seni Saudi. 

Sebagai bagian dari inisiatif ini, 10 seniman terpilih akan diberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan selama lima hari dari para ahli. Panel kemudian akan memilih satu seniman untuk membuat karya seni yang akan ditampilkan dalam pameran seni kontemporer di Ithra, bersama dengan seniman lokal dan internasional yang sudah mapan.

Batas waktu aplikasi untuk panggilan terbuka adalah 31 Agustus 2020. "Salah satu pilar utama kami di Ithra adalah untuk mendukung bakat lokal, dan sekarang lebih dari sebelumnya dukungan semacam ini diperlukan," kata Laila Al-Faddagh, kepala Museum Ithra.

“Dunia sedang melalui masa yang penuh tantangan dengan krisis saat ini, dan seperti semua orang, seniman dan industri budaya telah terkena dampak pandemi ini. Inilah mengapa kami memutuskan untuk bergerak maju dengan seruan terbuka untuk menunjukkan dukungan kami kepada para seniman tetapi juga untuk menciptakan peluang bagi bakat baru,” katanya.

Pelamar harus warga negara Arab Saudi atau telah tinggal di Kerajaan selama minimal 10 tahun dan harus berusia minimal 18 tahun. Pelamar, idealnya dengan minat dalam seni, dapat berlaku sebagai seniman individu atau sebagai anggota kolektif. Semua pengiriman harus dilakukan secara online. Panggilan terbuka gratis untuk masuk, dan pemenangnya akan diumumkan pada Desember 2020.

10 finalis terpilih akan berpartisipasi dalam program pelatihan virtual lima hari yang dipimpin oleh para ahli di lapangan, termasuk pemenang Open Call 2019, Aziz Jamal.

Program virtual akan mencakup diskusi tentang keadaan seni kontemporer di Arab Saudi dan di seluruh dunia, praktik terbaik profesional dan kritik portofolio. Program ini bertujuan untuk memberikan tambahan kepada para finalis keterampilan dasar yang diperlukan untuk mengembangkan proposal yang menyeluruh dan menyeluruh untuk pameran seni kontemporer Ithra berikutnya.

"Panggilan terbuka ini dapat menciptakan peluang bagi seniman yang baru muncul," kata Faddagh. "Bahkan, jika seorang peserta tidak menang, tetapi dipilih untuk menjadi di antara 10 seniman terakhir mengikuti pelatihan akan sangat berharga untuk membuka pintu ke dunia seni dan memajukan karir mereka sebagai seorang seniman."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement