Ahad 23 Aug 2020 10:02 WIB

Dongkrak Pariwisata, Arab Saudi Tambah Kursi Penerbangan

Dongkrak Pariwisata, Arab Saudi Tambah Kursi Penerbangan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Dongkrak Pariwisata, Arab Saudi Tambah Kursi Penerbangan. Foto: Desa Al-Souda dengan suasan asri dan sejuk menjadi daya tarik wisata di Arab Saudi.
Foto: Reuters
Dongkrak Pariwisata, Arab Saudi Tambah Kursi Penerbangan. Foto: Desa Al-Souda dengan suasan asri dan sejuk menjadi daya tarik wisata di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Penerbangan Arab Saudi atau General Authority for Civil Aviation (GACA) telah memberikan peningkatan kapasitas tempat duduk untuk bandara selatan. Hal itu dengan tujuan menghubungkan seluruh wilayah Kerajaan Arab Saudi melalui jalur udara.

Dilansir di Saudi Gazette, Ahad (23/8), hal ini berkontribusi untuk memenuhi permintaan perjalanan yang meningkat dan untuk pengembangan pariwisata dan pergerakan ekonomi di wilayah selatan.

Baca Juga

Statistik resmi yang dikeluarkan GACA selama tahun 2019 tercatat di kawasan wisata. Di mana jumlah penumpang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Internasional Abha mencapai 4.368.153 penumpang, sedangkan jumlah penerbangan mencapai 35.027 penerbangan.

GACA telah mengerjakan banyak proyek pengembangan di Bandara Internasional Abha selama periode terakhir, dengan tujuan untuk mengakomodasi pertumbuhan permintaan transportasi udara dari penduduk di wilayah tersebut dan pengunjung, dan meningkatkan tingkat kualitas layanan yang diberikan kepada pelancong dan pengunjung bandara.

Proyek pengembangan tersebut antara lain perluasan terminal keberangkatan di Abha Airport seluas 805 meter persegi dan berkapasitas 309 penumpang. Di samping perluasan terminal kedatangan yang mencapai seluas 1.030 meter persegi, berkapasitas 340 penumpang.

Selain itu, dua gerbang ditambahkan, satu untuk keberangkatan dan satu lagi untuk kedatangan, sabuk konveyor bagasi, dan 12 konter check-in. Layar sistem tampilan informasi penerbangan diganti serta pemasangan gerbang elektronik di terminal keberangkatan. Landasan pacu utama direhabilitasi dan diperbaiki, dan proyek untuk menambah jumlah tempat parkir pesawat menjadi 13, selain rehabilitasi landasan pacu saat ini untuk menampung pesawat berbadan lebar, dan perluasan taxiway menjadi 45 meter.

GACA juga ingin mengembangkan infrastruktur dan meningkatkan tingkat layanan yang diberikan kepada wisatawan, selain menerapkan standar dan spesifikasi internasional terbaik untuk proyek tersebut. Proyek ini memiliki terminal perjalanan baru yang dapat menampung operasi domestik dan internasional, dan dengan kapasitas lebih dari satu juta penumpang setiap tahunnya.

Proyek-proyek ini masuk dalam jaringan proyek yang dilaksanakan oleh GACA sesuai dengan rencana strategisnya yang sejalan dengan Visi Kerajaan 2030. Di mana visi tersebut bertujuan untuk mencapai pembangunan ekonomi nasional yang berkelanjutan dengan mengembangkan infrastruktur dan meningkatkan tingkat layanan yang diberikan kepada para pelancong di seluruh bandara Arab Saudi.

Ini juga merupakan upaya berkelanjutan GACA untuk mengembangkan dan memperluas bandara domestik dan internasional ke standar tertinggi untuk mengimbangi pertumbuhan lalu lintas penumpang yang berkelanjutan di kota-kota di sekitar Kerajaan. Dan untuk melengkapi dan mengembangkan infrastruktur untuk sektor penerbangan dan untuk memberikan layanan terbaik kepada wisatawan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement