Kamis 03 Sep 2020 11:27 WIB

Arab Saudi Masih Tunda Penerbangan Internasional

Penerbangan internasional hanya untuk pemulangan ekspatriat Arab Saudi.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Masih Tunda Penerbangan Internasional. Bandara King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Saudi Ministry of Media via AP
Arab Saudi Masih Tunda Penerbangan Internasional. Bandara King Abdulaziz di Jeddah, Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Maskapai Saudi Arabian (Saudia) mengumumkan penerbangan internasional tetap ditunda sampai informasi lebih lanjut. Penerbangan internasional hanya disediakan untuk pemulangan ekspatriat Arab Saudi yang berada di luar negeri.

Dilansir di Arab News,  Kamis (3/9), Arab Saudi sebelumnya memberlakukan program Awdah yang bertujuan memulangkan ekspatriat Arab Saudi ke kampung halaman. Para ekspatriat harus mendaftar untuk mengikuti program Awdah. 

Baca Juga

Pendaftaran program Awdah dapat dilakukan lewat platform Absher. Nantinya ekspatriat diminta mengisi identitas diri seperti tanggal lahir, nomor ponsel, kota keberangkatan, kota tujuan.

Ekspatriat asing yang tinggal di Arab Saudi juga bisa kembali ke negara asalnya menggunakan program Awdah. Sebelumnya, isu diaktifkannya lagi penerbangan internasional diperbincangkan setelah pendaftaran terbaru oleh Saudia dengan kondisi tertentu. Kondisi itu, diantaranya pernyataan sehat dan bebas Covid-19, menjalani karantina sebelum berangkat.

 

Arab Saudi sudah menunda penerbangan internasional untuk umum sejak 15 Maret ketika pandemi Covid-19 mulai menyelimuti dunia. Tujuan penundaan ini guna mencegah penularan Covid-19. Sedangkan penerbangan domestik yang sempat ditunda telah diizinkan kembali mulai 31 Mei.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement