Perusahaan Kosmetik Brazil Mendapat Sertifikasi Halal

Selasa , 29 Sep 2020, 21:58 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Perusahaan Kosmetik Brazil Mendapat Sertifikasi Halal (Ilustrasi)
Perusahaan Kosmetik Brazil Mendapat Sertifikasi Halal (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,SAO PAULO -- Perusahaan Brasil Adélia Mendonça Cosmetics telah meraih sertifikasi halal pertama Brasil di sektor kosmetik. Perusahaan berusia 16 tahun itu kini fokus melebarkan bisnisnya ke negara-negara Arab. Sertifikasi berlaku untuk semua lini yang diproduksi oleh perusahaan, yang portofolionya menampilkan 150 item yang diproduksi di pabriknya sendiri. Perusahaan berencana mengekspor hingga 15 produk dari segmen berbeda ke tiga negara Arab.

 

Terkait

Dilansir dari Brazil-Arab News Agency, Selasa (29/9), Adélia Mendonça Cosmetics mengkhususkan diri pada produk kulit dan dikelola oleh keluarga. Pekerjaannya mencakup penelitian dan kreasi kosmetik serta pembuatan dan perdagangannya. Produk dibagi dalam lini profesional, yang dijual ke klinik dan spa, dan barang untuk konsumen akhir.

Rencana untuk berinvestasi di Arab dan sertifikasi halal muncul empat tahun lalu, selama perjalanan pendiri perusahaan, ibu dari keluarga Mendonça. “Saya pernah ke beberapa negara Arab, seperti UEA dan Oman, tempat saya magang di klinik kecantikan. Saya suka wilayah itu. Selama perjalanan ke negara-negara Arab dan Muslim ini, saya belajar tentang sertifikasi halal. Dan saya mencari tahu apakah ada untuk kosmetik,” kata Adelia, yang telah menjadi ahli kecantikan dan kosmetik selama 40 tahun.

Untuk mendapatkan sertifikasi, perusahaan menugaskan Kamar Dagang Arab Brasil (ABCC), yang merupakan anggotanya, untuk mengembangkan studi pasar dan mengikuti prosedur untuk disertifikasi oleh Cdial Halal. Seluruh proses terjadi selama pandemi, dan pengiriman dokumen serta pemeriksaan dilakukan secara online. “Mengikuti saran ABCC, kami mulai dengan beberapa item. Mereka harus terpikat oleh produk kita, dan kita harus mencoba dan membujuk mereka, kita harus mengembangkan strategi agar mereka menyukai produk kita,” jelasnya.

Selain Adélia, perusahaan ini menampilkan kedua putrinya yang memimpin departemen riset dan operasi bisnis. “Kami bangga memiliki pabrik sendiri. Kami terlibat dalam setiap proses dan, bila perlu, kami menerapkan sikap langsung,” kata COO Kosmetik Adélia Mendonça Jacqueline Mendonça.

Jacqueline percaya bahwa inovasi ada dalam DNA perusahaan, yang bekerja dengan 400 bahan mentah dan telah mengembangkan 150 produk. Dari jumlah tersebut, perusahaan memilih 15 item untuk dibobol di tiga negara Arab. “Kami terpesona dengan orang-orang Arab. Kami melihat kesamaan antara mereka dan orang Brasil, dan kami ingin menelitinya,” kata Jacqueline.

Eksekutif mengatakan bahwa, seperti di sektor ekonomi lainnya, pandemi telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari perusahaan, tetapi mencoba melihatnya dari sudut lain. “Jika bukan karena pandemi, kami akan berada pada tahap yang lebih maju, tetapi saya turun ke bumi dan sangat optimis. Setiap orang harus menemukan kembali diri mereka sendiri. Saya menerima ini dengan sepenuh hati. Kita harus bersiap untuk musim gugur dan mampu bangkit kembali. Tahun ini sertifikasi telah membuat kami sangat bahagia. Kami akan melanjutkan dan melanjutkan kontak,” ujar Jacqueline.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini