Oasis Terbesar di Dunia Bernama Al-Ahsa

Sabtu , 10 Oct 2020, 04:45 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam/ Redaktur : Muhammad Hafil
Oasis Terbesar di Dunia Bernama Al-Ahsa . Foto: Oasis Al Ahsa
Oasis Terbesar di Dunia Bernama Al-Ahsa . Foto: Oasis Al Ahsa

REPUBLIKA.CO.ID, ARABSAUDI--Oasis Al-Ahsa, di Provinsi Timur Arab Saudi, memasuki Rekor Dunia Guinness sebagai oasis mandiri terbesar di dunia. Menurut situs web Guinness, oasis itu mencakup lebih dari 2,5 juta pohon palem yang memakan akuifer besar melalui 280 mata air. Oasis ini terbentang di area seluas lebih dari 85,4 kilometer persegi.

 

Terkait

Lembaga Komisi Warisan Budaya setempat juga memperkenalkan Oasis Al-Ahsa sebagai salah satu situs warisan Arab Saudi yang terdaftar dalam Daftar Warisan Dunia "UNESCO", bersama dengan situs terdaftar lainnya seperti,  Al-Hijr di Al-Ula, lingkungan Al-Turaif di Ad Diriyah yang bersejarah, Jeddah yang bersejarah, dan situs seni batu di Jubbah dan Shuaimis di Hail.

Baca Juga

Al-Ahsa diaebut juga tidak hanya tentang bentang alamnya yang indah dan kaya, tetapi juga terkait dalam sejarah dan peradaban. Hal ini karena Al-Ahsa menyaksikan banyak peradaban dan merupakan jembatan komunikasi strategis dengan dunia.

Situa ini juga mencakup banyak situs warisan nasional dan pemukiman manusia tertua sejak ribuan tahun yang lalu.  Oasis kurma adalah oasis palem terbesar yang dikelilingi pasir di dunia. Guinness World Records bahkan telah mendaftarkan gedung konser Maraya di Al-Ula tahun ini sebagai gedung terbesar yang ditutupi dengan cermin di dunia.

Arab Saudi menempati posisi kedua di dunia di antara negara-negara Arab dalam hal jumlah situs yang mendapat Rekor Dunia Guinness. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini