Jumat 16 Oct 2020 05:21 WIB

Amalan yang Pahalanya Setara Ibadah Haji

Ada sejumlah amalan yang pahalanya setara haji.

Rep: Eva Rianti/ Red: Muhammad Hafil
 Amalan yang Pahalanya Setara Ibadah Haji . Foto ilustrasi: Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi menunjukkan umat Islam mengenakan masker wajah dan menjaga jarak aman saat mereka melakukan umrah di sekitar Ka
Foto: EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF HAJJ
Amalan yang Pahalanya Setara Ibadah Haji . Foto ilustrasi: Sebuah foto selebaran yang disediakan oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi menunjukkan umat Islam mengenakan masker wajah dan menjaga jarak aman saat mereka melakukan umrah di sekitar Ka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minat umat Islam, khususnya di Indonesia yang merupakan negara Muslim terbesar di dunia untuk berhaji sangat besar. Namun, masa tunggu antrean keberangkatan juga masih lama, bahkan ada yang mencapai waktu 20 tahun.

Namun, tak perlu berkecil hati. Berikut  ini ada amalan yang dapat Anda lakukan untuk mendapat imbalan seperti yang diperoleh oleh orang-orang muslim yang bertandang ke Mekah menjalankan ibadah haji, dilansir dari AboutIslam:

Baca Juga

1. Memohon kepada Allah dari Subuh Hingga Isyraq

Rasulullah (SAW) bersabda:

 

“Barangsiapa yang sholat subuh berjamaah, kemudian dia tetap duduk sambil berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit dan kemudian sholat dua rakaat, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah”, beliau menekankan kata ‘sempurna’ tiga kali.

2. Menuntut Ilmu

Nabi Muhammad SAW berkata:

“Orang yang pergi ke masjid hanya ingin belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka ia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji lengkap”.

3. Sholat Berjamaah

Nabi Muhammad (SAW) bersabda:

“Tidakkah Allah memberikan kepadamu (pahala) sholat Isya berjamaah sama dengan ibadah haji, dan sholat Subuh berjamaah sama dengan umrah?” (Muslim)

4. Menghadiri Sholat Jumat

 Sa'id bin al-Musayyib mengatakan bahwa melaksanakan sholat Jum'at adalah “lebih disukai bagi-Ku (Allah SWT) daripada haji nafl”.

5. Mendirikan Sholat Id

Salah satu sahabat berkata:

“Pergi sholat Idul Fitri sama dengan melaksanakan umrah dan pergi sholat Idul Adha sama dengan melakukan haji”.

6. Memenuhi Kebutuhan Sesama Muslim

Hasan al-Basri berkata:

“Pergi memenuhi kebutuhan sesama muslim lebih baik bagimu daripada ibadah haji yang kedua kali (dilakukan berkali-kali)”.

7. Taat Pada Orang Tua

Nabi memerintahkan salah satu sahabat untuk berbuat baik kepada ibunya. Beliau berkata: “Anda seperti seorang jamaah haji, seseorang yang melakukan umrah, dan seseorang yang berjuang demi Allah (mujahid)”.

8. Dzikir

Salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW mengabarkan: “Dia yang membaca Subhanallah 100 kali di pagi hari dan 100 kali lagi di malam hari adalah seperti orang yang melakukan haji 100 kali!”.

9. Menahan Diri dengan Tegas dari Tindakan Terlarang

Beberapa orang saleh mengatakan: “Menjauhkan diri dari kesalahan sedikit lebih baik dari lima ratus (nafl) haji”.

 

10. Perbuatan Baik Selama 10 Hari Pertama Dzulhijjah

Beramal sholeh selama 10 hari pertama Dzulhijjah akan diganjar pahala yang sangat besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement