Jumat 30 Oct 2020 23:42 WIB

PM Yunani Menelepon Erdogan: Saatnya Berdiri Bersama

Yunani menawarkan bantuan dengan mengirimkan tim pencarian dan penyelamatan ke Smyrna

PM Yunani Menelepon Erdogan: Saatnya Berdiri Bersama. Bangunan yang runtuh setelah gempa berkekuatan 7,0 di Laut Aegean di Izmir, Turki, 30 Oktober 2020. Menurut laporan media Turki, puluhan bangunan hancur akibat gempa tersebut.
Foto: REUTERS/Tuncay Dersinlioglu
PM Yunani Menelepon Erdogan: Saatnya Berdiri Bersama. Bangunan yang runtuh setelah gempa berkekuatan 7,0 di Laut Aegean di Izmir, Turki, 30 Oktober 2020. Menurut laporan media Turki, puluhan bangunan hancur akibat gempa tersebut.

IHRAM.CO.ID,ATHENA -- Yunani menawarkan pada hari Jumat untuk membantu upaya pemerintah Turki untuk menemukan dan menyelamatkan orang-orang yang telah terperangkap di bawah gemuruh runtuh bangunan di Smirna, setelah gempa kuat yang melanda wilayah laut antara Samos dan Smirna.

Dilansir dari Greek Reporter, Jumat (30/10), PM Yunani Kyriakos Mitsotakis menelepon Presiden Turki Erdogan untuk menyampaikan belasungkawa dan menambahkan: "Apa pun perbedaan kita, inilah saat-saat ketika rakyat kita perlu berdiri bersama."

Menteri Luar Negeri Yunani menelepon mitranya dari Turki Mevlut Cavusoglu untuk menawarkan bantuan negara dengan mengirimkan tim pencarian dan penyelamatan ke Smyrna.

Gempa berkekuatan 6,7 skala richter juga melanda pulau Samos di Yunani, menyebabkan beberapa bangunan tua runtuh. Tidak ada korban yang dilaporkan di pihak Yunani.  Namun, ada kekhawatiran banyak orang tewas di Smirna.

Fahrettin Koca, Menteri Kesehatan Turki, mengumumkan dalam sebuah tweet bahwa empat orang telah tewas dan lebih dari 120 lainnya terluka di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki dengan sekitar 4,5 juta penduduk.

Menurut media Turki, kerusakan di kota pesisir sangat luas, dengan seluruh gedung apartemen hancur setelah gempa bumi, dan banyak yang dikhawatirkan tewas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement