Senin 02 Nov 2020 08:59 WIB

Cara Saudi Menjaga Sumur Zamzam

Pengembangan dan pemeliharaan Sumur Zamzam merupakan hal yang sangat penting

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Esthi Maharani
Restorasi sumur zamzam.
Foto: saudigazette.com
Restorasi sumur zamzam.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Sumur Zamzam adalah salah satu keajaiban Islam yang paling abadi. Air sumur yang selalu bersih ini tidak mengandung lumut, serangga, jamur, atau kotoran lainnya. Air zamzam mengandung tingkat mineral alami yang lebih tinggi daripada air desalinasi normal. Karena alasan ini, air Zamzam memiliki rasa yang berbeda.

Pengembangan dan pemeliharaan Sumur Zamzam merupakan hal yang sangat penting. Sumber air dilindungi selama berabad-abad dengan berbagai cara. Sebagai sumber utama air bagi pengunjung ke Makkah di zaman kuno dan bagi para jamaah saat ini, sumur ini tidak pernah berhenti menghasilkan air berkah bagi umat Islam.

Selama berabad-abad, sumur itu dijaga oleh Abd Al-Muttalib bin Hashim, kakek Nabi Muhammad, kemudian oleh banyak khalifah Muslim hingga zaman modern, ketika itu berada di bawah perlindungan raja-raja Saudi dimulai dengan pendiri Arab Saudi saat ini, Raja Abdul Aziz.

Di masa lalu, sumur suci dilindungi dengan cara primitif, tetapi selama pemerintahan almarhum Raja Abdullah, sebuah lompatan besar telah diambil sehubungan dengan pengembangan cara pemeliharaan sumur. Dia mengubah metode pengisian dan pendistribusian air di dua Masjid Suci, dilansir di Arab News, Ahad (1/11).

 

Ia juga memulai Proyek Air Raja Abdullah bin Abdul Aziz Zamzam (KPZW) pada 2013. Dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang umroh dan haji, kebutuhan air zamzam pun meningkat pesat. Dengan demikian, dibutuhkan lebih banyak pengembangan untuk sumur. Biaya konstruksi proyek ini berjumlah lebih dari 700 juta riyal Saudi.

Proyek ini menghilangkan banyak metode lama yang tidak profesional terkait dengan pemompaan, penyaringan, pendistribusian dan pengisian air, menggantinya dengan teknologi terbaru dan teraman. Dulu, air dibotolkan secara manual dalam berbagai ukuran wadah, tanpa mengikuti proses pembotolan resmi, mengakibatkan polusi air yang tidak diinginkan. Namun, dengan proyek baru ini, ada dua ukuran utama wadah resmi yaitu 5 dan 10 liter, di mana air diolah, dibotolkan, disimpan, dan didistribusikan secara efisien.

Sebelum perjalanan haji atau umroh berakhir, pengunjung harus mendapatkan satu atau dua botol air zamzam sebelum berangkat. Hal ini pada tahun-tahun sebelumnya sering menimbulkan kekacauan dan antrian yang tidak teratur. Saat ini, proyek tersebut memungkinkan wadah air untuk didistribusikan kepada para jamaah di dalam bus atau di bandara untuk menghemat waktu dan mencegah kepadatan.

Di dalam Dua Masjid Suci, air disediakan dalam pendingin yang menjalani proses pembersihan dan pengisian setiap hari. Pembelian air Zamzam secara online adalah bagian dari proyek Perusahaan Air Nasional, yang dimulai setelah penangguhan penjualan sebagai tindakan pencegahan selama merebaknya pandemi Covid-19.

Air Zamzam sekarang didistribusikan melalui platform bisnis elektronik Saudi HNAK, yang juga menawarkan layanan pengiriman ke rumah. Ekstraksi, pemompaan, dan pengawasan berkelanjutan terhadap penyimpanan dan jaringan pipa dicapai melalui teknologi serat optik dari jaringan Kontrol Pengawasan dan Akuisisi Data.

Dengan semua teknologi ini, kualitas mineral alami air Zamzam terjaga dan dipertahankan sesuai dengan penelitian cermat yang dilakukan untuk menentukan metode pemompaan dan penyaringan yang paling sesuai.

Untuk mencegah semua karakteristik air Zamzam terpengaruh oleh kontaminasi alami eksternal, Pusat Studi dan Penelitian Zamzam telah menerapkan kontrol kualitas yang ketat.

"Untuk dapat mengelola Sumur Zamzam secara berkelanjutan, kita perlu memiliki pemahaman penuh tentang pengaturan lingkungan dan hidrogeologis dari sumur suci ini dan sumber air yang mencapainya, termasuk konduktor air di daerah tersebut," ujar Samer Showman, presiden pusat penelitian.

Menurut Showman, kita perlu melihat bagaimana air disimpan dan seberapa cepat ia bergerak dan jenis mineral yang diekstraksi melalui perjalanannya di antara bebatuan untuk memahami apa yang menjadi ciri-ciri air Zamzam.

"Kami telah menghubungkan model matematika dengan jaringan data curah hujan dan stasiun curah hujan di bagian akuifer yang berbeda untuk menentukan volume dan kuantitas air yang tepat yang dapat diambil sepanjang tahun di Wadi Ibrahim," tambahnya.

Showman mengatakan bahwa laboratorium khusus untuk air Zamzam di Makkah melacak dan menguji sampel air yang berbeda, yang dianalisis setiap minggu untuk menjaga kualitas air.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement