Rabu 04 Nov 2020 05:58 WIB

Wapres Klaim FKUB Berhasil Selesaikan Sengketa Beragama

FKUB berhasil membangun kerukunan umat beragama

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani
Wakil Presiden RI, Maruf Amin
Foto: Satwapres
Wakil Presiden RI, Maruf Amin

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) telah berhasil membangun kerukunan umat beragama, terutama dalam penyelesaian sengketa rumah ibadah, penyiaran agama, dan persoalan lain yang mengarah pada gangguan kerukunan umat beragama.

Bahkan dalam beberapa kasus, FKUB juga memiliki peran strategis untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat.

"FKUB menjadi sebuah wadah resolusi konflik yang efektif dan dipercaya oleh masyarakat," ujarnya saat menyampaikan pidato kunci pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) FKUB secara virtual dari Jakarta, Selasa (3/11).

Ia pun mendorong keberadaan FKUB di setiap daerah diperbanyak dan diperkuat perannya. Wapres menilai, keberadaan FKUB memiliki peranan penting dalam mencegah dan menyelesaikan persoalan kerukunan beragama di masyarakat. Namun demikian, masih ada wilayah yang belum memiliki FKUB.

 

"Saya mendapatkan informasi, bahwa sampai kini masih ada beberapa kabupaten yang belum membentuk FKUB," ujar Ma'ruf

Ma'ruf mengatakan, ada pula kabupaten yang sebenarnya sudah memiliki FKUB, tetapi lembaga ini belum berfungsi sebagaimana mestinya. Karena itu, keberadaan FKUB di setiap wilayah harus dioptimalkan

"Peran strategis FKUB perlu didorong untuk dapat meningkatkan penyebarluasan moderasi beragama di kalangan umat sehingga dapat mencegah konflik dan radikalisme beragama dalam kerangka kerukunan umat beragama," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement