KJRI Prediksi Kuota Haji 2021 Dikurangi 50 Persen

Ahad , 08 Nov 2020, 17:50 WIB Reporter :Ali Yusuf/ Redaktur : Muhammad Hafil
KJRI Prediksi Kuota Haji 2021 Dikurangi 50 Persen. Foto: Konsul Haji Endang Jumali
KJRI Prediksi Kuota Haji 2021 Dikurangi 50 Persen. Foto: Konsul Haji Endang Jumali

IHRAM.CO.ID, JAKARTA--Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah memprediksi akan ada pengurangan kuota haji untuk Indonesia tahun 2021. Prediksi ini berdasarkan hasil pengamatan KJRI ketika Arab Saudi membuka kembali umroh setelah sempat ditutup karena Covid-19.

 

Terkait

"Terdapat indikasi kuat bagi jamaah asal Indonesia akan ada pengurangan kuota 50 persen," kata Konsul Haji Endang Jumali saat Zoom Meeting bersama⁣⁣⁣ Gaido Travel & Tours, Jumat (6/11).

Baca Juga

Pada pembukaan umroh fase pertama dan ketiga ini, Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan beberapa kebijakan. Salah satu di antaranya membatasi usia jamaah haji dari usia 18-50 tahun.

Apakah batas usia ini akan diberlakukan juga untuk musim haji? Endang mengaku belum ada informasi ke KJRI Jeddah juga belum ada aturan tertulisnya mengenai batas usia seperti halnya umrah.

"Untuk batasan usia masih dalam pertimbangan," ujarnya.

Endang menyampaikan bahwa untuk program umroh perdana di masa pandemi ini, baru satu muasasah yang diberi izin yaitu Masyair Al-Haram, karena ini adalah pilot project. Namun yang memegang kendali sepenuhnya adalah dari Kementrian Kesehatan Arab Saudi begitu pun juga saat haji di masa pandemi.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini